PENERAPAN LEGO BRICKS DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIS SISWA DALAM MENGHITUNG BILANGAN BERPANGKAT

Authors

  • Mutia Rahma Setyani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sylmi Wulan Dita Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Intan Nur Tunggadewi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.53-64

Keywords:

lego bricks, kecerdasan matematis, bilangan berpangkat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran dan mendeskripsikan kecerdasan matematis siswa dalam menghitung bilangan berpangkat setelah menggunakan lego bricks pada siswa kelas III Tahassus MIS Ta’allamul Huda. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ini dengan model pembelajaran Cooperative Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas III ahassus MIS a’allamul Huda yang berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan penerapan lego bricks pada perhitungan bilangan berpangkat meningkat pada setiap siklusnya. Pada tahap Pra Siklus, hanya 40% siswa yang lulus dalam mengerjakan soal-soal dari bilangan berpangkat, kemudian pada Siklus I berdasarkan hasil observasi didapatkan kenaikan yang signifikan yaitu 80% siswa yang lulus dalam mengerjakan soal mengenai bilangan berpangkat. Masih ada 20% siswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan soal tersebut. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan, pada Siklus II didapat kenaikan yang luar biasa yaitu seluruh kelompok siswa lulus dalam mengerjakan soal mengenai bilangan berpangkat. Hal tersebut dibuktikan kembali melalui hasil post test pada tahap Pasca Siklus dimana nilai seluruh siswa berada diatas kriteria ketuntasan minimum, yaitu 85-100 sehingga penerapan lego bricks untuk meningkatkan kecerdasan matematis siswa dalam menghitung bilangan berpangkat dikatakan berhasil.

Author Biographies

Mutia Rahma Setyani, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Matematika

Sylmi Wulan Dita, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Matematika

Intan Nur Tunggadewi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Fistianti, Devita Norma. 2013. “Pengaruh Permainan Konstruktif untuk Mengembangkan Kreativitas Anak”. Jurnal Pendidikan UMS.

Rohmitawati. 2011. Mengasah Kecerdasan Matematis Logis Anak Sejak Usia Dini. PPPPTK Matematika Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Siska. 2013. Penerapan Kecerdasan Logika Matematika. [Online] Tersedia: http://raudathulathfal.blogspot.com/2013/04/penerapan-kecerdasan-logika-matematika [11 Maret 2017].

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi. 2009. Permainan Edukatif Yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books.

Suyono, Ahmad. 2013. Konsep Materi Matematika dan Pembahasannya. Jakarta: Grafindo Persada.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Tim Penyusun. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Uno, Hamzah B. 2010. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-06-30