PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SETELAH MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran quick on the draw. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pre-eksperimental design dengan desain penelitian yaitu one-group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bekasi sebanyak 429 siswa dengan sampel seluruh siswa kelas VII-3 sebanyak 43 siswa. Hasil uji validitas dan reliabilitas menghasilkan 26 soal yang valid dan reliabel. Hasil angket motivasi belajar matematika yang berupa data ordinal terlebih dahulu ditransformasikan menjadi data interval menggunakan MSI (Methode of Successive Interval). Uji hipotesis dihitung dari skor pretest dan posttest angket motivasi belajar matematika dengan menggunakan uji-t sampel tak bebas dan dihasilkan t0 = 2,398 dan ttabel= 2,021 yang berarti terdapat perbedaan motivasi belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran quick on the draw.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dana, I Wayan. 2012. “Pengaruh Implementasi Pemberian Preskriptif Dalam Penilaian Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Abiansemal”. Jurnal Pendidikan. Vol. 2 (2):3.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Maha Satya.
Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar. Jakarta: PT Indeks.
Inayah, Ridaul. T. Martonodan H. Sawiji. 2013. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri. Vol. 1 (1):4.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kadir. 2015. Statistika Terapan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kasmini, Yutik. Suryani. Budiman Tampubolon. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Media Realita di Kelas V SD”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3 (8):5.
Lestiyaningsih, Herdika. Hobri dan Arika Indah. 2013. “Penerapan Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII F Semester Ganjil SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 (2):40.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis, danDisertasi. Bandung: Alfabeta.
Suhendri, Huri. 2011. “Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. Jurnal Formatif. Vol. 1 (1):3.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Susanti, Yudita. Martono. A.T. Priyadi. 2015. “Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Instrinsik Cerita Rakyat Menggunakan Model Quick on The Draw”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol. 4 (3):6.
Uno, B Hamzah. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.65-76
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |