PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA

Linda Astriani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tangerang Selatan tahun ajaran 2016/2017 semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dengan posttest-only control design dan design treatment by level 2x2. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan tes kemampuan awal  matematika. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Anava dua jalur dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorv-Smirnov, dan uji homogenitas dengan uji Levene. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar melalui pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional; (2) terdapat interaksi antara pembelajaran Reciprocal Teaching dengan kemampuan  awal    matematika     terhadap    kemampuan   pemahaman  konsep matematika; (3) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang belajar melalui pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari siswa yang belajar melalui pembelajaran  konvensional; (4) tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan kemampuan awal matematika rendah antara siswa yang belajar melalui pembelajaran Reciprocal Teaching dan siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional.


Keywords


Kemampuan Awal Matematika, Pemahaman Konsep Matematika, Reciprocal Teaching

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2007. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies.

Depdiknas. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Even, R. & Tirosch, D. 2002. “Teacher Knowledge and Understanding of Students Mathematical Learning.” Handbook of International Research in Mathematics Education (pp 219-240). National Council of Teacher of Mathematics. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Kurniawan, Rudy. 2010. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Menengah Kejuruan.” Disertasi pada Sekolah Pasca Sarjana UPI. Bandung: UPI.

Lestari, Eka Karunia & Yudhanegara, Ridwan Mokhammad. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Naga, D.S. 2012. Teori Skor pada Pengukuran Mental. Jakarta: PT. Nagarani Citrayasa.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathemativs. Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics.Inc.

O’Connel, Susan. 2007. Introduction to Connection. USA: Heinemann.

Palinscar, A and Brown, A. 1984. “Reciprocal Teaching of Comprehension Fostering and Comprehension-monitoring Activities.” The Journal of Cognitio and Instruction, p.117-175. Michigan: Michigan State University.

Qohar, Abdul. 2010. “Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Komunikasi dan Koneksi Matematis Siswa Serta Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Reciprocal Teaching.” Disertasi pada Sekolah Pasca Sarjana UPI. Bandung: UPI.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Subana dan Sudrajat. 2005. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sumarmo, Utari. 2012. Bahan Belajar Mata Kuliah Proses Berpikir Matematika Program S2 Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. STKIP Siliwangi. Bandung: STKIP.

Suyitno, Amin dkk. 2001. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I (Diktat). Semarang: Jurusan Matematika FMIPA, IKIP Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.77-85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ