PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PUZZLE PECAHAN SISWA KELAS 3
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisy, M. R., & Ismah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Materi Aljabar. 7(2). [Online] Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/11035 [27 Agustus 2023]
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. [Online] Tersedia: https://www.researchgate.net/profile/Vivi-Aledya/publication/333293321_KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_KONSEP_MATEMATIKA_PADA_SISWA/links/5ce5705a458515712ebb6708/KEMAMPUAN-PEMAHAMAN-KONSEP-MATEMATIKA-PADA-SISWA.pdf [19 Juli 2023]
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Aksara Bumi.
Astriyani, A., & Fajriani, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Youtube Materi Pythagoras Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa. 6(1). [Online] Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/6835 [26 Agustus 2023]
Awaliah, N. P. , Angraini, L. M. , & Muhammad, I. (2023). Tren Penelitian Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika: A Bibliometric Review. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(1), 43–62. https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.43-62
Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek.
Deda, Y. N., Disnawati, H., & Missa, A. (2022). Penggunaan Alat Peraga Matematika “Kubus-Kubus Satuan” Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar. Bakti Cendana, 5(1), 33–39. https://doi.org/10.32938/bc.5.1.2022.33-38
Hanifah, A. M., & Sumardi, S. (2022). Pengaruh Kesulitan Belajar Dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Mts Negeri 4 Wonogiri. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 165. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.165-170
Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. 7(1). [Online] Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/10017 [26 Agustus 2023]
Kania, N. (2018). Alat Peraga Untuk Memahami Konsep Pecahan. 2(2).
Khoirunisa, D. N., Djoko Laksana, M. S., & Chasanatun, T. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDIT As-Syafi’iyah Kecamatan Jambon Ponorogo.
Marno. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Konsep Pecahan dengan Menggunakan Benda Manipulatif (Alat Peraga) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SD Percobaan Negeri Pajagalan 58 Bandung). UPI.
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori Pada Materi Turunan.
Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (MONIKA) Pada Pembelajaran Matematika. 6(2). [Online] Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/5807/4925 [26 Agustus 2023]
Permatasari, S., Asikin, M., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Game Edukasi Matematika “MaTriG” Dengan Software Construct 3 di SMP. 8(1). [Online] Tersedia: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/12250 [27 Agustus 2023]
Ramadhan, A., Astriyani, A., & Rosiyanti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ulatika Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 97. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.97-108
Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Silmi, J. A., Muthmainnah, R. N., Rosiyanti, H., & Eminita, V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bomber Math Untuk Siswa Kelas Viii Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 149. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.149-156
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Susanti, V. D., & Wulandari, R. (2022). Development of Geogebra Assisted Electronic Student Worksheets (E-Worksheets) to Improve Student Independent Learning. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 12(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v12i2.11811
Susanti, V. D., Sukerstriyarno, Y. L., Kharisudin, I., & Agoestanto, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Model Literacy Inquiry Learning untuk Mengukur Literasi Matematika dan Self-Efficacy Siswa. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Susanti, V. D., Suprapto, E., & Wardani, Y. A. (2022). Development of Android-Based Edutainment Game Learning Media on Phytagoras Theorem for Junior High School Students. 14, 3931–3942. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1978
Widyaningsih, S. A., Yuni Chairunissa, M., Fairuz, I., Cahya Saputri, N., Destiani, S., & Astriyani, A. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematics English Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Azhar 15 Pamulang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 137. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.137-142
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.157-166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |