PERFORMA GURU DALAM MENGAJAR KONSEP LINGKARAN PADA SISWA SMP

Iwan Gunawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa dalam belajar konsep lingkaran masih perlu ditingkatkan yang salah satu foktor penyebabnya performa guru. Adapun tujuan penelitian ini ingin mengetahui performa guru dalam mengajar konsep lingkaran pada siswa SMP. Metode Penelitian ini kualitatif dengan pendekatan desain grounded theory. Tiga guru diambil sebagai responden. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara secara mendalam. Analisis data dilakukan dengan teknik Constant- comparison Analysis, pertama mentranskrip data video hasil wawancara, membuat koding, membuat kategori dengan membandingkan pada rubrik performa mengajar guru, dan terakhir mengkategorikan. Hasil penelitian diperoleh tiga kategori performa guru dalam mengajar konsep lingkaran yaitu performa cukup, performa baik dan performa sangat baik. Ketiga kategori performa tersebut dilihat dari aspek moralitas dalam mengajar, refleksi setelah mengajar, efektifitas dalam mengajar, dan interaksi dengan siswa. 

Keywords


Circle Concepts, Categories, Teachers performance

Full Text:

PDF

References


Bempah, H. O., Abbas, N., & Djakaria, I. (2023). Komparasi Kompetensi Profesional Guru Matematika SMP Berdasarkan Status Sertifikasi. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 98-109.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage publications.

Dwi, K., & Ruslau, M. F. V. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Matematika Pada Kompetensi Profesional. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 30–41.

Gunawan, I., Kusnandi, & Darhim. (2019). I Am Not Good In Circle Task: Exploration On Student’s Semi-Relationalist Mathematical Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012072

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2019). How Teacher Professionalism Influences Student Behaviour In Mathematical Problem-Solving Process. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012080

Harisman, Yulyanti, Noto, M. S., Amiruddin, M. H., Syaputra, H., Suherman, S., & Setiyani, S. (2022). Mathematics Teacher’s Professionalism In Technology And The Relationship To Their Teaching. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3188. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5902

I Wayan Jumtra, Made Yudana, N. N. (2014). Perangkat Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 3 Denpasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5(1). Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/1239

Indajang, K., Sherly, Halim, F., & Sudirman, A. (2021). The Effectiveness of Teacher Performance in Terms of the Aspects of Principal Leadership, Organizational Culture, and Teacher Competence. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 560(Acbleti 2020), 402–408. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210615.078

Lie, D., Sherly, Efendi, Dharma, E., & Sudirman, A. (2021). Measurement of Teacher Performance in Pematangsiantar City Middle School Through Teacher Certification, Motivation, and Job Satisfaction. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 560(Acbleti 2020), 396–401. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210615.077

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Raharjo, J. F., & Sulaiman, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Diskrit Dan Pembentukan Karakter Konstruktivis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Education Edmodo Bermodelkan Progresif Pace (Project, Activity, Cooperative and Exercise). Teorema, 2(1), 47. https://doi.org/10.25157/.v2i1.569

Rangkuti, A. N., & Jusrina, J. (2019). Profesionalisme Guru Matematika MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Math Educa Journal, 1(2), 117–128. https://doi.org/10.15548/mej.v1i2.19

Rauh, I, N. (2013). Kontribusi Kompetensi Profesional Guru, Konsep Diri Akademik Serta Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Matematika Di Tingkat Sma Se-Kabupaten Karangasem. Jurnal Administrasi …, 4, 1–14. Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/1013

Tafqihan, Z., & Suryanto, S. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Komitmen Profesional Dan Dampaknya Pada Kinerja Serta Kepuasan Kerja Guru Matematika Smp Dan Mts. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 285. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2682

Wijaya, A. (2009). Hypothetical Learning Trajectory dan Peningkatan Pemahaman Konsep Pengukuran Panjang. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5 Desember 2009, (September), 978–979.

Wulandari, F., & Rakhmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis : Dampak Strategi Pembelajaran Index Card Match. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 203–209. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4291

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Zahwa, N., Imtinan, K. F., Rahmasari, I., Parandrengi, M. J., Zulkardi, Z., & Meryansumayeka, M. (2022). Pengembangan Poster Luas Lingkaran Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dalam Memperkenalkan Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.1-8

Zsoldos-Marchis, I. (2015). Changing Pre-service Primary-school Teachers’ Attitude Towards Mathematics by Collaborative Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 174–182. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.100




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.167-178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ