PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEDIA BATIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Main Article Content

Syammas Abdullah
Indah Septi Hariyanti
Ismiyatun Sa'diyah
Kayla Putri Ramadhanty
Nabila Rosafiana
Arlin Astriyani
Viarti Eminita

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang sering kali disebabkan oleh pembelajaran yang kurang inovatif dan tidak kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang diintegrasikan dengan media batik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model CIRC dipilih karena pendekatan kooperatifnya yang dapat meningkatkan interaksi dan kolaborasi antar siswa, sementara media batik digunakan untuk membuat pembelajaran lebih menarik, kontekstual, dan relevan dengan budaya lokal di SMA Dharma Karya UT Tangerang Selatan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang berbantuan Media BATIK (Hebat Statistika) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji Mann-Whitney U > U-kritis, dengan nilai U = 503 dan U-kritis = 82. Selain itu, rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu 52, sedangkan rata-rata post-test kelas kontrol adalah 25,316.

Article Details

Section
Articles

References

Baeti, N. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Bima. Etic (Education And Social Science Journal). 2(1). Pp. 3-5.

Budarsini, K.P., Suarsana, I.M. and Suparta, I.N., 2018. Model diskursus multi representasi dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah menegah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1), pp. 10–13.

Fajrina, U., 2022. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP/MTs (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Hasibuan, A, Silve,R.A, Harahap, N, and Hasibuan,A. 2025. Model Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange(RTE) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V SD Negeri 15 Hurung Jilok. Journal Education Innovation. Vol.3, 3(2), pp. 4 –5.

Hastuti, S. 2024. Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V pada Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) berbasis Etnomatematika Menara Banten. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora. 4(3). pp.5-7.

Herliyani, H., 2019, November. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Ntjalama, K.M. and Murdiyanto, T., 2020. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan media kahoot! terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMAN 4 Bekasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), pp.13-20.

Rosiyanti, H. and Farahdiba, T. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Statistika SMA Kelas XII Menggunakan Articulate Storyline. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), pp.169-183.

Rahmi, Y. and Marnola, I. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC). Jurnal basicedu, 4(3), pp.662-672.

Umam,K And Azhar, E. 2021. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pendekatan (Somatic, Auditory, Visual And Intellectual). Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 4(2). pp. 6–8.