OPTIMALISASI PROJECT BASED LEARNING MATA KULIAH PEMOGRAMAN KOMPUTER PADA MAHASISWA MATEMATIKA

Gusmi Kholijah, Niken Rarasati, Corry Sormin

Abstract


Pembelajaran berbasis proyek merupakan proses pembelajaran yang berdasarkan kepada kasus untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Pembelajaran berbasis proyek di perguruan tinggi harus dilakukan saat ini, gunanya untuk memberikan pembelajaran ke mahasiswa berdasarkan kepada permasalahan. Kasus dalam pelaksanaan pembelajaran harus dapat memberikan capaian pembelajaran yang ada pada mata kuliah yang diampu oleh dosen. Salah satu mata kuliah yang dijalankan dalam pembelajaran berbasis kasus di Program Studi Matematika yaitu pemograman komputer. Mata kuliah pemograman komputer termasuk mata kuliah wajib yang memberikan bahan pembelajaran dengan capaiannya mahasiswa harus dapat membuat suatu Bahasa pemograman. Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki keaktifan dalam pembelajaran, karena mata kuliah ini berbasis kepada kasus. Pada pelaksanaan mata kuliah ini dengan basis project, mahasiswa mengerjakan tiga proyek pada mata kuliah ini. Diantaranya; proyek dalam pembuatan program pengandaian, project 2 mengenai program perulangan dan proyek ke 3 yaitu pembuatan guide. Pembelajaran yang dilakukan dalam bentuk proyek dapat membantu ketercapaian tujuan pembelajaran pemograman komputer agar keahlian dengan bahasa pemograman, kemudian dari survei yang dilakukan diperoleh bahwa 41% mahasiswa sangat setuju dan 59% setuju kalau mata kuliah pemograman komputer dilakukan berbasis proyek.


Keywords


Capaian Pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek, pemograman komputer

Full Text:

PDF

References


Abelenda, A. M., Aiouache, F., & Mediavilla, D. M. (2023). Adapted business model canvas template and primary market research for project-based learning on management of slurry. Environmental Technology & Innovation, 30, 103106. https://doi.org/10.1016/j.eti.2023.103106

Agustin, N., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2016). Pengembangan Bahan Pembelajaran IPA Berbasis Biotechnopreneurship untuk Melatih Life Skills Siswa SMP. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 4(1), 1–12. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/

Aisy, M. R., & Ismah, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Materi Aljabar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 85–90. https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.85-90

Angraini, L. M., Sthephani, A., & Ain, S. Q. (2021). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Penalaran Matematis untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 11–18. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.11-18

Aranzabal, A., Epelde, E., & Artetxe, M. (2022). Team formation on the basis of Belbin’s roles to enhance students’ performance in project based learning. Education for Chemical Engineers, 38, 22–37. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.09.001

Astutik, E. P., Faizah, H., & Wantika, R. R. (2022). Penerapan Case Method Berbantuan Software POM-QM dalam Pembelajaran Program Linier. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 157. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.157-164

Awaliah, N. P., Angraini, L. M., & Muhammad, I. (2023). Tren Penelitian Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika: a Bibliometric Review. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(1), 43–61. https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.43-62

Gomez-del Rio, T., & Rodriguez, J. (2022). Design and assessment of a project-based learning in a laboratory for integrating knowledge and improving engineering design skills. Education for Chemical Engineers, 40, 17–28. https://doi.org/10.1016/j.ece.2022.04.002

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Heryan, U. (2018). Meningkatkankemampuankomunikasi matematis siswaSMA melaluipendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(3), 94–106.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Junaidi, A., & dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Vol. IV.

Kholijah, G., Rarasati, N., Sormin, C., & Aryanto, F. (2023). Project Based Learning Model in Computer Programming Courses at Mathematics Student. Http://Ijer.Ftk.Uinjambi.Ac.Id/Index.Php/Ijer, 8(1), 36–42. http://ijer.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/ijer

Lu, H. F. (2023). Statistical learning in sports education: A case study on improving quantitative analysis skills through project-based learning. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 32. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2023.100417

Lu, W. Y., & Fan, S. C. (2023). Developing a weather prediction project-based machine learning course in facilitating AI learning among high school students. Computers and Education: Artificial Intelligence, 5. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100154

Menteri dikbudristek. (2023). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 210/M/2023 Tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Merona, S. P., & Santi, E. E. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Penalaran Matematis pada Matakuliah Fungsi Kompleks. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika DanMatematika, 4(2), 113–122.

Steffen, T., Fly, A., & Stobart, R. (2022). Project-Based Learning for Control of Hybrid Powertrains using a Simulation Model. IFAC-PapersOnLine, 55(17), 25–30. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2022.09.220

Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Wena, M. (2012). Strategi Pembelajara Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.197-206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ