PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Aniyah Aniyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Apri Utami Parta Santi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.87-92

Keywords:

Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate, Strategi Pembelajaran Ekspositori, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika masih rendah, Karena dalam proses pembelajaran siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru dan hanya mengerjakan tugas latihan yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat atau tidaknya berbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dan Ekspositori. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen (percobaan semu) dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji-t diperoleh thitung 5,03 > 19971 ttabel dengan taraf signifikasi α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dan strategi pembelajaran Ekspositori. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa serta peneliti selanjutnya.

Author Biographies

Aniyah Aniyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Apri Utami Parta Santi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandarwassid dan Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lindawati, Sri. 2011. “Pembelajaran Matematika degan pendekatan Inquiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika”. Journal Of Education, Volume 2 (2). Hal: 18 (diakses 8 Januari 2017).

Shaleh, Haji. 2011. “Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Jurnal Kependidikan Triadik, Volume 14 (1) (diakses 10 Juni 2017).

Sibermen, Melvin L. 2006. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Sugiyono, Dr. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung.

Taniredja, T dan Hidayat, Mustafidah. 2011. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2017-12-31