PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.87-92Keywords:
Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate, Strategi Pembelajaran Ekspositori, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika masih rendah, Karena dalam proses pembelajaran siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru dan hanya mengerjakan tugas latihan yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat atau tidaknya berbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dan Ekspositori. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen (percobaan semu) dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji-t diperoleh thitung 5,03 > 19971 ttabel dengan taraf signifikasi α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dan strategi pembelajaran Ekspositori. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa serta peneliti selanjutnya.References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandarwassid dan Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lindawati, Sri. 2011. “Pembelajaran Matematika degan pendekatan Inquiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika”. Journal Of Education, Volume 2 (2). Hal: 18 (diakses 8 Januari 2017).
Shaleh, Haji. 2011. “Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Jurnal Kependidikan Triadik, Volume 14 (1) (diakses 10 Juni 2017).
Sibermen, Melvin L. 2006. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.
Sugiyono, Dr. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung.
Taniredja, T dan Hidayat, Mustafidah. 2011. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).