PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAR MODELLING BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA TEMA BERHEMAT ENERGI
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.111-120Keywords:
buku ajar, bar modelling, pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain buku ajar matematika dasar dengan menggunakan teknik bar modelling berbasis pemecahan masalah pada tema berhemat energi. Metode yang digunakan adalah RnD. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Validator yang digunakan dalam mengembangan buku ajar bar modelling adalah validasi ahli bahasa, ahli teknik dan materi, serta ahli desain. Tema berhemat energi dibagi tiga sub tema, yaitu macam – macam sumber energi, pemanfaatan energi, serta gaya dan gerak. Hasil penilaian dari validasi ahli bahasa adalah 7,7; ahli teknik dan materi 9,1; serta ahli desain 7,08. Masing – masing validator menyimpulkan bahwa buku ajar bar modelling berbasis pemecahan masalah pada tema berhemat energi dinyatakan layak uji coba dengan hasil revisi yang diberikan. Setelah divalidasi oleh beberapa uji ahli, buku ajar yang telah direvisi diberikan ke kelas kecil dan kelas besar sehingga buku ajar bar Modelling layak digunakan.References
Azis, R. 2006. Jangan Biarkan Anak Kita bereaksi Menarik Diri. Solo: Tiga Serangkai.
Dindyal, J. 2009. Application & Modelling for The Primary Mathematics Classroom. Singapore: Prentice Hall.
Huriyanti, Luthfi., dan Hastri Rosiyanti. 2017. “Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (1), pp: 65-76.
Rosiyanti, Hastri., dan Hilwah Haudati Octaviani. 2015. “Pengaruh Penggunaan Software GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Siswa Terhadap Software GeoGebra Pada Materi Kubus dan Balok”. [Online] Tersedia: http://matematika.um.ac.id/seminar/prosiding/PROSIDING%20SEMNAS%202015.pdf [14 Juni 2017].
Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).