PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAR MODELLING BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA TEMA BERHEMAT ENERGI

Hastri Rosiyanti, Nurbaiti Widyasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain buku ajar matematika dasar dengan menggunakan teknik bar modelling berbasis pemecahan masalah pada tema berhemat energi. Metode yang digunakan adalah RnD. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Validator yang digunakan dalam mengembangan buku ajar bar modelling adalah validasi ahli bahasa, ahli teknik dan materi, serta ahli desain. Tema berhemat energi dibagi tiga sub tema, yaitu macam – macam sumber energi, pemanfaatan energi, serta gaya dan gerak. Hasil penilaian dari validasi ahli bahasa adalah 7,7; ahli teknik dan materi 9,1; serta ahli desain 7,08. Masing – masing validator menyimpulkan bahwa buku ajar bar modelling berbasis pemecahan masalah pada tema berhemat energi dinyatakan layak uji coba dengan hasil revisi yang diberikan. Setelah divalidasi oleh beberapa uji ahli, buku ajar yang telah direvisi diberikan ke kelas kecil dan kelas besar sehingga buku ajar bar Modelling layak digunakan.


Keywords


buku ajar, bar modelling, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Azis, R. 2006. Jangan Biarkan Anak Kita bereaksi Menarik Diri. Solo: Tiga Serangkai.

Dindyal, J. 2009. Application & Modelling for The Primary Mathematics Classroom. Singapore: Prentice Hall.

Huriyanti, Luthfi., dan Hastri Rosiyanti. 2017. “Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (1), pp: 65-76.

Rosiyanti, Hastri., dan Hilwah Haudati Octaviani. 2015. “Pengaruh Penggunaan Software GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Siswa Terhadap Software GeoGebra Pada Materi Kubus dan Balok”. [Online] Tersedia: http://matematika.um.ac.id/seminar/prosiding/PROSIDING%20SEMNAS%202015.pdf [14 Juni 2017].

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.111-120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ