EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI PROGRAM LINIER
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.103-110Keywords:
LKS, GeoGebra, Program LinearAbstract
Pemanfaatan media berbasis komputer dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan dalam era komputasi yang berkembang pesat seperti sekarang ini. Hal ini berpengaruh terhadap penggunaan media pembelajaran yang tepat sehingga dapat memfasilitasi guru dalam menyampaikan pembelajaran. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam menyampaikan materi program linear adalah software GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil uji coba LKS berbantuan software GeoGebra pada materi Program Linier. LKS diujicobakan secara terbatas kepada 6 siswa kelas XI SMA Wachid Hasyim 2 Taman dan selanjutnya akan dianalisis secara kualitatif berdasarkan hasil kerja siswa, catatan yang diperoleh dari pengamatan langsung selama proses uji coba, dan hasil wawancara mengenai respon guru dan siswa terhadap LKS yang digunakan serta pemahaman siswa pada materi Program Linier setelah mengerjakan LKS berbantuan software GeoGebra. Berdasarkan hasil uji coba terbatas diketahui bahwa LKS efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi Program Linier. Respon siswa terhadap LKS tersebut baik, berdasarkan hasil wawancara diketahui baik siswa maupun guru merasa terbantu dengan adanya LKS berbantuan Software GeoGebra ini serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.References
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta
Fazar, I. 2015. Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra Dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Prosiding seminar nasional pendidikan matematika (SNAPTIKA).
Garber, K. & Picking, D. 2010. “Exploring Algebra and Geometry Concepts with Geogebra”. Mathematics Teacher, Vol. 104 (3). [Online] Tersedia: http://math.buffalostate.edu/~wilsondc/MED%20307/MT_Geogebra.pdf [21 Mei 2016].
Haciomeroglu, E.S., Bu, L., Schoun, R.C., & Hohenwarter, M. 2009. “Learning to Develop Mathematics Lesson with GeoGebra”. MSOR Connection, Volume 9 (2). [Online] Tersedia http://www.heacademy.ac.uk/sites/default/files.msor.9.2g.pdf [21 Mei 2016].
Khairuddin. 2013. Menyelesaikan Kasus Program Linier Melalui GeoGebra. [Online] Tersedia http://media.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/2013/01/Prolin_Geogebra2.pdf [21 Mei 2016].
Muh.Tamimuddin, H., & Muda.Nurul, K. 2013. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran: Pemanfaatan Software Aplikasi GeoGebra. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Pitriani. 2017. “Pengembangan LKS Berbasis PBL Berbantuan Cabri 3D Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA”. Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 3 (1) pp 1-10.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Widjajanti, Endang LFX. 2008. Kualitas lembar kerja siswa. Makalah ini disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat, FMIPA UNY, 22 Agustus 2008. [Online] Tersedia http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms-dr/kualitas-lks.pdf [28 Mei 2016]
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).