ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SISWA KELAS XI-MIPA PADA MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Ramadhan Kusumo Wicaksono, M. Hafiz, Finola Marta Putri

Abstract


Kemampuan kognitif siswa sangat diperlukan oleh guru untuk mengetahui tingkat kognitif siswa yang akan diajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kognitif siswa kelas XI dan faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan kognitif pada materi trigonometri berdasarkan teori taksonomi bloom. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA disalah satu SMA Negeri di Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 40 orang. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah tes berupa 6 soal uraian materi trigonometri, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tingkat kognitif siswa kelas XI MIPA masih tergolong rendah dengan presentase rata-rata hasil tes adalah 40,25. Pencapaian hasil tes belajar tingkat kognitif siswa pada indikator C1 sebesar 80%, indikator C2 sebesar 60,6%, indikator C3 sebesar 65,6%, indikator C4 sebesar 4,4%, indikator C5 sebesar 56,3% dan indikator C6 sebesar 19,2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor siswa mendapatkan kategori rendah, meliputi (1) kesulitan siswa dalam pembelajaran daring, (2) terlalu monotonnya guru dalam mengajar dan (3) kesulitan siswa dalam menggunakan konsep hubungan antar materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan dalam proses pembelajaran matematika materi trigonometri dengan membiasakan siswa menyelesaikan masalah HOTS.


Keywords


kognitif; taksonomi bloom; trigonometri

Full Text:

PDF

References


Aini, S. D., & Irawati, S. (2017). Meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw. PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 210-219.

Anderson, L. W., & Bloom, B. S. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. eduq.info. http://eduq.info/xmlui/handle/11515/18345

Arviana, A., Syahrilfuddin, S., & Antosa, Z. (2020, October). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ivb Sd Negeri 147 Pekanbaru Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ivb Sd Negeri 147 Pekanbaru. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (pp. 28-34).

As’ari, A. R., Ali, M., Basri, H., Kurniati, D., & Maharani, S. (2019). Mengembangkan HOTS (higher order thinking skills) melalui matematika. Universitas Negeri Malang.

Budiarti, V., & Lestariningsih, L. (2018). Profil Penyelesaian Soal Trigonometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 273–284. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.30

Cici Puspaningrum. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Man 1 Stabat Kelas X Dalam Materi Trigonometri Tahun Pelajaran 2017-2018. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan)., 105, 1–17.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Hafiz, M., Kadir, & Fatra, M. (2017). Concept mapping learning strategy to enhance students’ mathematical connection ability. AIP Conference Proceedings, 1848. https://doi.org/10.1063/1.4983944

Happy, N., Alfin, Z. F., & Handayanto, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Kognitiff Reflektif pada Materi Segiempat Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 129–140.

Hijriati. (2016). Tahapan Perkembangan Kognitif pada Masa Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33–49.

Kariadinata, R. (2018). Trigometri Dasar.

Laja, Y. P. W. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1129

Mariani, R., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2021). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson Dan Krathwohl Pada Siswa Smp Kelas Ix. Jurmadikta, 1(1), 49–55. http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta/article/view/729

Munthe, F. T. (2008). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Tentang Nilai Tempat. Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(IX), 11–18. https://doi.org/10.21009/pip.171.2

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode penelitian pendidikan (Cet. 7). Remaja Rosdakarya.

Ngware, M. W., Ciera, J., Musyoka, P. K., & Oketch, M. (2015). Quality of teaching mathematics and learning achievement gains: evidence from primary schools in Kenya. Educational Studies in Mathematics, 89(1), 111–131. https://doi.org/10.1007/s10649-015-9594-2

Rahmatina, D. (2017). PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA. 2014, 57–68.

Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 2.

Rohana, R., Sari, E. F. P., & Nurfeti, S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Materi Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 679. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3365

Rohimah, S. M., & Prabawanto, S. (2020). Students’ difficulties in solving trigonometric equations and identities. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032002

Selviana, M. T., Yayan, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Bentuk Aljabar Pada Siswa Dengan Gaya Belajar Kognitif Field Independent. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 72-82.

Syahran, S. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Alangka Raya. Jurnal Pendidikan, 20(1), 35-50.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.229-242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ