KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATISNYA
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dasar matematika yang penting yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan berpikir kritis ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kecemasan matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari kecemasan matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah menengah atas atau sederajat di Kabupaten Bogor dengan melibatkan 126 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari 5 butir soal kemampuan berpikir kritis, angket kecemasan matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kecemasan matematika sedang, sedangkan siswa dengan kecemasan matematika sedang memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kecemasan matematika tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574
Chukwuyenum, A. N. (2011). From Distance to Online Education : Educational Management in the 21st Century. Journal of Research & Method in Education, 3(5), 85–95.
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. Prentice Hall.
Firdaus, A. P. (2016). Tingkatkan Masa Produktif Anda Dengan Berpikir Positif. FlasBooks.
Glazer, E. (2001). Using Internet Primary Sources to Teach Critical Teaching Skills in Mathematics. Greenword Press.
Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi, C. A. (2020). Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16312
Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816
Hamdi, A. & B. E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Deepublish.
Kadir, K., Musyrifah, E., & Fatmawati, F. (2021). Students ’ Anxiety and Problem Solving Ability in Mathematics Learning Based on Cognitive Load. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 3(2), 116–130.
Lanani, K. (2022). Sosok Guru Impartiality Dan Pembelajaran Matematika Inovatif. Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika Dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press.
Putri, Hafiziani Eka, Idat Muqodas, Mukhamad Ady Wahyudy, A. A., & Ayu Shandra Sasqia, and L. A. A. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. UPI Sumedang Press.
Sukmadinata. (2004). Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. PT Remaja Rosdakarya.
Valengia, H., Novianti, R., Yulistia, E., & Tarigas, D. (2021). Pada Materi Trigonometri. 1(2015), 105–116.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.207-218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |