KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATISNYA

Authors

  • Elisya Laesya Tasya Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • M. Hafiz UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Eva Musyrifah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.207-218

Keywords:

FRISCO, kemampuan berpikir kritis matematis, trigonometri

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan dasar matematika yang penting yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan berpikir kritis ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kecemasan matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari kecemasan matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah menengah atas atau sederajat di Kabupaten Bogor dengan melibatkan 126 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari 5 butir soal kemampuan berpikir kritis, angket kecemasan matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kecemasan matematika sedang, sedangkan siswa dengan kecemasan matematika sedang memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kecemasan matematika tinggi.

Author Biographies

Elisya Laesya Tasya, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

M. Hafiz, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Eva Musyrifah, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

References

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Chukwuyenum, A. N. (2011). From Distance to Online Education : Educational Management in the 21st Century. Journal of Research & Method in Education, 3(5), 85–95.

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. Prentice Hall.

Firdaus, A. P. (2016). Tingkatkan Masa Produktif Anda Dengan Berpikir Positif. FlasBooks.

Glazer, E. (2001). Using Internet Primary Sources to Teach Critical Teaching Skills in Mathematics. Greenword Press.

Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi, C. A. (2020). Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16312

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816

Hamdi, A. & B. E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Deepublish.

Kadir, K., Musyrifah, E., & Fatmawati, F. (2021). Students ’ Anxiety and Problem Solving Ability in Mathematics Learning Based on Cognitive Load. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 3(2), 116–130.

Lanani, K. (2022). Sosok Guru Impartiality Dan Pembelajaran Matematika Inovatif. Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika Dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press.

Putri, Hafiziani Eka, Idat Muqodas, Mukhamad Ady Wahyudy, A. A., & Ayu Shandra Sasqia, and L. A. A. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. UPI Sumedang Press.

Sukmadinata. (2004). Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. PT Remaja Rosdakarya.

Valengia, H., Novianti, R., Yulistia, E., & Tarigas, D. (2021). Pada Materi Trigonometri. 1(2015), 105–116.

Downloads

Published

2023-12-31