KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ALJABAR DITINJAU DARI SELF EFFICACY MATEMATIKA

Moh. Kifli Malanua, Sarson W. Dj Pomalato, Taulia Damayanti

Abstract


Peran matematika tidak hanya mengharuskan siswa dalam memahami seluruh materi, namun melatih siswa untuk berkemampuan berfikir kreatif, logis dan mampu memahami matematika yang relevan dengan aktivitas keseharian, yang dikenal dengan Kemampuan Literasi Matematika. Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi bentuk aljabar ditinjau dari self efficacy matematika. Metode penelitian yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini, diambil melalui hasil tes kemampuan literasi matematika siswa dan hasil wawancara. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII MTs Al Mabrur Bone Raya Tahun Ajaran 2023/2024 yang masing-masing diambil 2 orang berdasarkan tingkat self efficacy tinggi, sedang dan rendah dengan teknik purposive sampling. Data yang didapatkan kemudian direduksi dan dianalisis secara kualitatif dengan memperhatikan indicator-indikator proses kemampuan literasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi mampu menguasai seluruh indikator proses kemampuan literasi matematika yaitu merumuskan, menggunakan dan menafsirkan dalam menyelesaikan seluruh soal. Sedangkan siswa dengan self efficacy sedang dan rendah mampu menguasai seluruh indikatorproses kemampuan literasi matematika yaitu merumuskan, menggunakan dan menafsirkan, namun hanya dalam menyelesaikan soal yang mampu dikerjakan saja.

Keywords


kemampuan literasi matematika, self efficacy matematika, soal cerita bentuk aljabar

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri. 2021. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Metode Penelitian Kualitatif. Ed. Pataa Rapanna. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Abidin, Yunus, Tita Muyati, And Hana Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca Dan Menulis. 2nd Ed. Ed. Yanita Nur Indah Sari. Jakarta: Bumi Aksara.

Ananda, Ema Rizky, And Rora Rizki Wandini. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5): 5113–26. Doi:10.31004/Obsesi.V6i5.2659.

Bito, Nursiya, Lillyan Hadjaratie, Nancy Katili, Hasdiana, Syamsu Qamar Badu, Evi Hulukati, And Novianty Djafrie. 2023. “Efektivitas Rancangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Di SMP Negeri 11 Gorontalo.” Jambura Journal Of Mathematics Education Jambura J. Math. Educ 4(2): 173.

Bito, Nursiya, And Rolandi Lokiman. 2020. “Pengaruh Penerapan Multimedia Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Smp.” Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020: 1–12.

Dewi, Martha Wida Kusuma, And Reni Nuraeni. 2022. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Efficacy Pada Materi Perbandingan Di Desa Karangpawitan.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1): 151–64. Doi:10.31980/Plusminus.V2i1.1586.

Ferreira, Marcello, Wanessa Marques Tavares, Deise Mazzarella Goulart Ferreira, Israel Marinho Araújo, Olavo Leopoldino Da Silva Filho, And

Teresa Cristina Janes Carneiro. 2023. “Psychometric Properties Of A Physical Self-Efficacy Perception Scale In The Light Of Cognitive Social Theory.” Social Sciences And Humanities Open 7(1): 100423. Doi:10.1016/J.Ssaho.2023.100423.

Geraldine, Mirza, And Pradnyo Wijayanti. 2022. “Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship Ditinjau Dari Self Efficacy.” Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) 5(2): 82–102. Doi:10.26740/Jrpipm.V5n2.P82-102.

Hubulo, Nurain A, Evi Hulukati, Hamzah B. Uno, And Taulia Damayanti. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Alat Peraga Kubus Dan Balok.” Jambura Journal Of Mathematics Education 3(2): 120–27. Doi:10.34312/Jmathedu.V3i2.16369.

Kadir, Indriany A, Tedy Machmud, Kartin Usman, And Nancy Katili. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga.” Jambura Journal Of Mathematics Education 3(2): 128–38. Doi:10.34312/Jmathedu.V3i2.16388.

Khoa, Bui Thanh. 2023. “The Role Of Self-Efficacy And Firm Size In The Online Advertising Services Continuous Adoption Intention: Theory Of Planned Behavior Approach.” Journal Of Open Innovation: Technology, Market, And Complexity 9(1): 100025. Doi:10.1016/J.Joitmc.2023.100025.

Mubarrak, Kemas Rahmat, Helli Ihsan, And Diah Zaleha Wyandini. 2022. “Development Of Math Efficacy Scale For Junior High School Student In Indonesia.” Jurnal Elemen 8(1): 276–89. Doi:10.29408/Jel.V8i1.4522.

Muyassaroh, Khusna Alfi, And Masduki Masduki. 2023. “Profil Berpikir Aljabar Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Generalisasi Dan Berpikir Dinamis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Fi-Fd.” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 9(1): 27. Doi:10.24853/Fbc.9.1.27-42.

OECD. 2019. “Pendidikan Di Indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018.” Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud (021): 1–206. Http://Repositori.Kemdikbud.Go.Id/Id/Eprint/16742.

Pauweni, Khardiyawan A. Y., And Moh. Efendi B. Iskandar. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan.” Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi 8(1): 23–28. Doi:10.34312/Euler.V8i1.10372.

Putri, Banowati Amalia, Dwi Priyo Utomo, And Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah. 2021. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar.” JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) 6(2): 141–53. Doi:10.15642/Jrpm.2021.6.2.141-153.

Ramadhan, Muhammad. 2021. Metode PenelitiaN. 1st Ed. Ed. Aidil Amin Effendy. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Sudirman, Edi Cahyono, And Kadir. 2018. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender.” Jurnal Pembelajaran Berfikir Matematika 3(2): 11–22. Http://Ojs.Uho.Ac.Id/Index.Php/Snrkt2017/Article/View/3264.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 2nd Ed. Ed. MT Dr. Ir. Sutopo. S.Pd. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Sukoco, Heru, Arief Wismono, And Rusmilah. 2018. “Skala Mathematics Self-Efficacy Untuk Jenjang Sma (Mathematics Self-Efficacy For Senior High School/ Msesc).” Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia: 752–60.

Sumirattana, Sunisa, Aumporn Makanong, And Siriporn Thipkong. 2017. “Using Realistic Mathematics Education And The DAPIC Problem-Solving Process To Enhance Secondary School Students’ Mathematical Literacy.” Kasetsart Journal Of Social Sciences 38(3): 307–15. Doi:10.1016/J.Kjss.2016.06.001.

Surialin, Sarson W Pomalato, And Tedy Machmud. 2021. “Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Materi Vektor Kelas X SMA Terpadu Wira Bhakti.” Media Pendidikan Matematika 9(2): 43. Doi:10.33394/Mpm.V9i2.4457.

Takaendengan, Bertu Rianto, And Wilson Takaendengan. 2024. “Efektivitas Model Cooperative Learning Type Talking Stick Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Persamaan Linear.” 7(1): 2766–74.

Tasya, Elisya Laesya, M. Hafiz, and Eva Musyrifah. 2023. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kecemasan Matematisnya.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 9(2): 207. doi:10.24853/fbc.9.2.207-218.

Winata, Rahmat, Muhammad Rizaldi, and Yoan Theasy. 2023. “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa ( Mathematical Literacy Ability Based on Students ’ Self Efficacy ).” J-PiMat 5(2): 871–82.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.1-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ