PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN PENDEKATAN RME PADA MATERI TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.39-50Keywords:
Media Pembelajaran, Website, RME, TrigonometriAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website dengan pendekatan RME pada materi trigonometri SMA, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji validasi oleh ahli media dinilai valid, lalu uji validasi oleh ahli materi dinilai sangat valid, dan respon kelompok kecil dinilai baik, pada hasil uji kelayakan untuk indikator kualitas isi dan tujuan sebesar 88% dengan kategori sangat layak, kualitas intruksional sebesar 90% dengan kategori sangat layak, dan kualitas teknis sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Lalu pada hasil respon kelompok besar kualitas isi dan tujuan mendapatkan hasil 77,66% dengan kategori baik, kualitas intruksional 74,75% dengan kategori baik, dan kualitas teknis 81,67% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.References
Anamisa, D., & Mufarroha, F. (2020). Dasar Pemrograman Web. In Dasar Pemrograman Web-HTML, CSS dan JavaScript.
Anggoro, I. F., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis website materi trigonometri siswa SMA kelas XI. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2018), 253–260. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.276
Ardana, N. M. S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Melalui Pembelajaran RME Pada Materi Trigonometri. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 166. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.724
Beard, L., & Aghassibakes, N. (2021). Resource review. Journal of the Medical Library Association, 109(1), 159–161. https://doi.org/10.5195/jmla.2021.1135
Cholid, C., Ahmadi, A., & Oktaviani, D. N. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa Kelas X Pada Materi Perbandingan Trigonometri Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 89. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5720
Fajri, N., & Nida, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X Sma Negeri 6. 3(2), 12–22.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60
Hasni, N., Syarifuddin, H., Asmar, A., & Yerizon. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 7(1), 28–43. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1272/693
Heuvel-panhuizen, M. Van Den, Drijvers, P., Education, M., Sciences, B., & Goffree, F. (2014). Encyclopedia of Mathematics Education. Encyclopedia of Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8
Kharisma, L. P. I., & Yana, Y. H. (2021). Media Pembelajaran Matematika dengan Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang Berbasis Web. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 3(1), 39–45. https://doi.org/10.35746/jtim.v3i1.128
Mambetniyazov, M. (2021). Wordpress Opportunities in Creating Educational Sites. 1, 204–205. https://doi.org/10.36074/logos-28.05.2021.v1.62
Meika, I., Solikhah, E. F. F., Yunitasari, I., & Sujana, A. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis RME terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Ketuntasan Belajar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 211–221. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.9314
Novianti, H., Nurhayadi, N., & Murdiana, I. N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Eksperimen Pada Perbandingan Trigonometri Sudut Istimewa Di Kelas X Mia 1 Sma Negeri 3 Palu. Aksioma, 8(1), 55–62. https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.203
Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Perangkat Bahan Ajar Pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 121. https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.121-136
Priando Purba, B. E., Riris, I. D., & Muchtar, Z. (2021). Development of Website-Based Learning Media Integrated Inquiri Learning Strategies in Learning Thermochemical Matter Chemistry. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 454–461. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1658
Ramliyana, R., & Ramdhan, V. (2020). Pemanfaatan H5P Dalam Pembuatan Tes Bahasa. Semnas Ristek, 323–329.
Rijal, A. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(1), 81. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.238
Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). METODE PENELITIAN R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif (A. R. Abdullah (ed.)). Literasi Nusantara.
Santoso, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(19), 58–66. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6027
Siregar, A. G., & Sembiring, F. (2022). Interactive Learning Content Using H5P in Pronunciation Course. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1219–1225. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1474
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.)).
Suryandaru, N. A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas IV. Jurnal Basicedu, 5(6), 6040–6048. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1803
Tasya, E. L., Hafiz, M., & Musyrifah, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kecemasan Matematisnya. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(2), 207. https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.207-218
Trung, N. T., Thao, T. P., & Trung, T. (2019). Realistic mathematics education (RME) and didactical situations in mathematics (DSM) in the context of education reform in Vietnam. Journal of Physics: Conference Series, 1340(1), 5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1340/1/012032
Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2020). Realistic Mathematics Education. In Stephen Lerman (Ed.), Encyclopedia of Mathematics Education (Vol. 4, Issue 3, pp. 713–717). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15789-0_170
Zolkower, B., Bressan, A. M., Pérez, S., & Gallego, M. F. (2020). International Reflections on the Netherlands Didactics of Mathematics (M. van den Heuvel-Panhuizen (ed.)). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20223-1
Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Wijaya, A. (2020). Two Decades of Realistic Mathematics Education in Indonesia. 325–340. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20223-1_18
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).