EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM SOLVIN G DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan pendekatan pemecahan masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sedayu, dengan sampel yang terdiri dari 32 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pemecahan masalah lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pendekatan konvensional. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi 2-tailed kurang dari taraf signifikansi (0,008 < 0,050), yang mengindikasikan bahwa pendekatan pemecahan masalah lebih efektif. Dengan demikian, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan pendekatan pemecahan masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduloh. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Soal Literasi Matematika melalui Model Creative Problem Solving Kelas VIII H SMP 9 Semarang. Pdf. Proseding Seminar Nasional Matematika.
Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, A. S. (2017). Karakteristik instrumen penilaian hasil belajar matematika ranah kognitif yang dikembangkan mengacu pada model PISA. Suska; Journal of Mathematics Education, 3(2), 130-139.
Aji, R. E. W., & Mahmudi, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pedagogi Matematika, 7(3), 46-54.
Anggraini, A. L., & Musyarofah, A. A. S. (2023). Analisis Kemampuan Matematika Siswa MTS Nurul Huda Mangaran Dalam Menyelesaikan Soal Pisa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 13-13.
Anugraheni, I. (2019). Pengaruh pembelajaran problem solving model polya terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 1.
Astriyani, A. (2015). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik berbantuan bahan manipulatif terhadap motivasi belajar matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 28-42.
Cahyo, A. N. (2023). Mathematical literacy ability of class V elementary school students through RME model in solving HOTS questions. AIP Conference Proceedings, 2727. https://doi.org/10.1063/5.0141698
Edo, S. I. (2022). Investigation of Students’ Algebraic Conceptual Understanding and the Ability to Solve PISA-Like Mathematics Problems in a Modeling Task. Mathematics Teaching-Research Journal, 14(2), 44–60.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal penelitian pendidikan, 13(2), 1-10.
Fadillah, A. (2016). Pengaruh pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1-8.
Faturahman, H. (2015). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan pendekatan visual–auditori–kinestetik (VAK). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 57-63.
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57-64.
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode pemecahan masalah menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis di sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Hadija, Herlawan. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving berbasis Kontektual. Pdf. Jurnal penelitian pendidikan dan pengajaran matematika vol.3 no.1.
Hafriani, H. (2021). Mengembangkan kemampuan dasar matematika siswa berdasarkan NCTM melalui tugas terstruktur dengan menggunakan ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA, 22(1), 63-80.
Isnaintri, E., Faidhotuniam, I., & Yuhana, Y. (2023). Filsafat Realisme Aristoteles: Mengungkap Kearifan Kuno dalam Implementasi Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 247-256.
Marlina, L. (2013). Penerapanlangkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegipanjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1).
Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. N. (2019, February). Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 724-731).
Mustika, I. K. A., & Riastini, P. N. (2017). Pengaruh model Polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. International Journal of community service learning, 1(1), 31-38.
Novitasari, D. (2015). Penerapan pendekatan pembelajaran creative problem solving (CPS) sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 43-56.
Prabowo, A., Nurhanurawati, N., & Gunowibowo, P. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 1(5).
Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D, no. April. 2013.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175-187.
Suciati, S., & Subagyo, H. B. (2018). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Model PISA Konten Numerik Level 1 Sampai 3. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 58-75.
Sulastri, R. (2019). Difficulties of prospective teachers in solving mathematical problems: PISA on the most difficult level. Journal of Physics: Conference Series, 1232(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1232/1/012036
Sumarmo, Utari. (2012). Pendidikan Karakter serta pengembangan berpikir dan disposisi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada seminar pendidikan Matematika di NTT tanggal 25 Februari 2012.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.
Suprapto, E. (2023). Mathematical literacy profile of junior high school students in solving PISA questions. AIP Conference Proceedings, 2614. https://doi.org/10.1063/5.0126666
Tukan, A. G. L., & Nurwoko, I. (2024). Analisis Kebutuhan Pendekatan Problem solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(1), 225-229.
Widiyasari, R. (2015). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Media E_Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(2), 71-79.
Wijayanto, R., & Santoso, R. H. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan problem solving berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Pedagogi Matematika, 7(3), 95-104.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.65-76
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |