CAK INGKLING FIBONACCI: ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN FIBONACCI SISWA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfinah. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 1 Baturraden Kabupaten Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Ariyanti, S. N., & Setiawan, W. 2019. “Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematik”. Journal On Education. Vol. 1(2), pp: 390–399.
Awaliah, N. P., Angraini, L. M., & Muhammad, I. 2023. “Tren Penelitian Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika: A BibliometricI Review”. Fibonacci. Vol. 9(1), pp: 43–62.
Azubuike, O. B., Adegboye, O., & Quadri, H. 2021. “Who gets to learn in a pandemic? Exploring the digital divide in remote learning during the COVID-19 pandemic in Nigeria”. International Journal of Educational Research Open. Vol. 2, 100022.
Chairani, Z. 2015. “Scaffolding dalam pembelajaran matematika”. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1(1), pp: 39–44.
Faridah, S. 2021. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6. Mataram: UIN Mataram.
Fatmawati, F., Sari, N. R., & Dewi, N. A. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash pada Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII Mts Al-khairiyah Pipitan Kota Serang”. Tulisan Ilmiah Pendidikan. Vol. 10(2), pp: 48–62.
Larson, R., & Farber, B. 2015. Elementary statisticts: Picturing the world (6th ed.). Pearson Education.
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. 2014. “Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar”. Sarwahita. Vol. 11(1), pp: 38–43.
Najuah, N., Sidiq, R., & Lukitoyo, P. S. 2021. “The development electronic module of history using ADDIE model”. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC). Vol. 2(6), pp: 1658–1663.
Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. 2017. Media pembelajaran matematika. Bandar Lampung: Permata Net.
Nurrita, T. 2018. “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa”. Jurnal Misykat. Vol. 3(1), pp: 171–187.
Öhman, M., Almqvist, J., Meckbach, J., & Quennerstedt, M. 2014. “Competing for ideal bodies: A study of exergames used as teaching aids in schools”. Critical Public Health. Vol. 24(2), pp: 196–209.
Purnamayanti, P., & Thresye, T. 2017. “Formula Binet dan Jumlah n Suku Pertama pada Generalisasi Bilangan Fibonacci dengan Metode Matriks”. Epsilon: Jurnal Matematika Murni dan Terapan. Vol. 6(1), pp: 38–46.
Rahmani, W., & Widyasari, N. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. Vol. 4(1), pp: 17-24.
Sahu, P. 2020. “Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff”. Cureus.
Schreiber, A., & Pedersen, J. 2021. “Fibonacci Sequence and Art: The Measure of Utilization During Art Movements in European History”. Journal of Student Research. Vol. 10(4), pp: 1-8.
Sugiyono, P. D. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan)”. Metode Penelitian Pendidikan, pp: 67.
Sugiyono. 2021. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Bandung: Afabeta.
Sulistiani, O. D., & Purnamasari, N. L. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Microsoft Excel Di Sman 1 Tulungagung”. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology). Vol. 3(2), pp: 95–105.
Syarief, N. H., Fatmawati, A., & Ralmugiz, U. 2023. “Bayangan Konsep Siswa pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Matematika”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol. 7(1), pp: 10–19.
Tadesse, S., & Muluye, W. 2020. “The Impact of COVID-19 Pandemic on Education System in Developing Countries: A Review”. Open Journal of Social Sciences. Vol. 08(10), pp: 159–170.
Yunita, D. 2018. “Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur”. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains. Vol. 7(2), pp: 209–216.
Zarkasyi, A. H., Hanina, G., & Barkah Nur Fauziah, S. A. 2022. “Teaching Aids Development for Arabic Lessons to Enhance Student’s Reading Skills”. Arabiyat: Journal of Arabic Education & Arabic Studies/Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. Vol. 9(1), pp: 124-136.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.77-88
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |