CAK INGKLING FIBONACCI: ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN FIBONACCI SISWA SMP

Putri Azzahra, Oktarina Sundari, Putri Aulia Ramasanti, Ganantri Pika Ananta, Elsa Susanti, Meryansumanyeka Meryansumanyeka, Zulkardi Zulkardi, Hendra Lesmana

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pengembangan pada permainan yang bersifat tradisional yaitu Cak Ingkling yang diintegrasikan dengan pola bilangan Fibonacci menjadi sebuah alat peraga pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis. Alat peraga tersebut dinamakan dengan Cak Ingkling Fibonacci. Penelitian menggunakan metode R&D (Research & Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Alat peraga yang dikembangkan telah  divalidasi oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi. Hasil validasi ahli materi menunjukkan Cak Ingkling Fibonacci memperoleh rata-rata skor 41,5 yang berada pada kategori valid. Sementara hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 70 yang termasuk kategori valid.  Alat peraga yang telah dinyatakan valid diujicobakan pada empat orang siswa SMP Srijaya Palembang kelas VIII. Untuk menilai kepraktisan alat peraga dilihat dari hasil penilaian Cak Ingkling Fibonacci dari guru dan siswa. Skor penilaian dari guru diperoleh 96 yang berada pada kategori praktis. Sementara skor dari penilaian siswa diperoleh rata-rata skor 82,5 yang juga berada pada kategori praktis. Untuk melihat keefektifan dianalisis dari hasil observasi saat uji coba dan didukung dengan hasil wawancara pada siswa. Dari analisis keduanya disimpulkan alat peraga Cak Ingkling Fibonacci efektif meningkatkan pemahaman konsep bilangan Fibonacci siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan Cak Ingkling Fibonacci yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis.

Keywords


alat peraga; fibonacci; media pembelajaran; cak ingkling

Full Text:

PDF

References


Alfinah. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 1 Baturraden Kabupaten Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Ariyanti, S. N., & Setiawan, W. 2019. “Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematik”. Journal On Education. Vol. 1(2), pp: 390–399.

Awaliah, N. P., Angraini, L. M., & Muhammad, I. 2023. “Tren Penelitian Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika: A BibliometricI Review”. Fibonacci. Vol. 9(1), pp: 43–62.

Azubuike, O. B., Adegboye, O., & Quadri, H. 2021. “Who gets to learn in a pandemic? Exploring the digital divide in remote learning during the COVID-19 pandemic in Nigeria”. International Journal of Educational Research Open. Vol. 2, 100022.

Chairani, Z. 2015. “Scaffolding dalam pembelajaran matematika”. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1(1), pp: 39–44.

Faridah, S. 2021. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6. Mataram: UIN Mataram.

Fatmawati, F., Sari, N. R., & Dewi, N. A. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash pada Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII Mts Al-khairiyah Pipitan Kota Serang”. Tulisan Ilmiah Pendidikan. Vol. 10(2), pp: 48–62.

Larson, R., & Farber, B. 2015. Elementary statisticts: Picturing the world (6th ed.). Pearson Education.

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. 2014. “Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar”. Sarwahita. Vol. 11(1), pp: 38–43.

Najuah, N., Sidiq, R., & Lukitoyo, P. S. 2021. “The development electronic module of history using ADDIE model”. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC). Vol. 2(6), pp: 1658–1663.

Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. 2017. Media pembelajaran matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Nurrita, T. 2018. “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa”. Jurnal Misykat. Vol. 3(1), pp: 171–187.

Öhman, M., Almqvist, J., Meckbach, J., & Quennerstedt, M. 2014. “Competing for ideal bodies: A study of exergames used as teaching aids in schools”. Critical Public Health. Vol. 24(2), pp: 196–209.

Purnamayanti, P., & Thresye, T. 2017. “Formula Binet dan Jumlah n Suku Pertama pada Generalisasi Bilangan Fibonacci dengan Metode Matriks”. Epsilon: Jurnal Matematika Murni dan Terapan. Vol. 6(1), pp: 38–46.

Rahmani, W., & Widyasari, N. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. Vol. 4(1), pp: 17-24.

Sahu, P. 2020. “Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff”. Cureus.

Schreiber, A., & Pedersen, J. 2021. “Fibonacci Sequence and Art: The Measure of Utilization During Art Movements in European History”. Journal of Student Research. Vol. 10(4), pp: 1-8.

Sugiyono, P. D. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan)”. Metode Penelitian Pendidikan, pp: 67.

Sugiyono. 2021. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Bandung: Afabeta.

Sulistiani, O. D., & Purnamasari, N. L. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Microsoft Excel Di Sman 1 Tulungagung”. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology). Vol. 3(2), pp: 95–105.

Syarief, N. H., Fatmawati, A., & Ralmugiz, U. 2023. “Bayangan Konsep Siswa pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Matematika”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol. 7(1), pp: 10–19.

Tadesse, S., & Muluye, W. 2020. “The Impact of COVID-19 Pandemic on Education System in Developing Countries: A Review”. Open Journal of Social Sciences. Vol. 08(10), pp: 159–170.

Yunita, D. 2018. “Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur”. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains. Vol. 7(2), pp: 209–216.

Zarkasyi, A. H., Hanina, G., & Barkah Nur Fauziah, S. A. 2022. “Teaching Aids Development for Arabic Lessons to Enhance Student’s Reading Skills”. Arabiyat: Journal of Arabic Education & Arabic Studies/Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. Vol. 9(1), pp: 124-136.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.77-88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ