PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK SMP KELAS VII

Deni Hermawan, Masta Hutajulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy peserta didik SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Cimahi Kota Cimahi. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian ini  kelas VII L sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang peserta didik dan untuk kelas VII K sebagai kelas kontrol berjumlah 30 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah tes  kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. , Hasil pengolahan data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dilihat dari output sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,127 > 0,05 maka  H0 diterima. Hasil pengolahan data kemampuan Self-Efficacy peserta didik mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,078 > 0,05 maka  H0 diterima. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning tidak lebih baik atau sama dengan dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran biasa. Kemampuan Self-Effiaccy peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning tidak lebih baik atau sama dengan dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran biasa, hal ini terjadi dikarnakan peserta didik masih dalam tahap transisi dari yang sebelumnya terbiasa diberikan model pembelajaran konvensional yang sekarang beralih ke pembelajaran interaktif yang berpusat kepada peserta didik.


Keywords


Problem Based Learnig; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Self-Efficacy

Full Text:

PDF

References


Bayuningsih, A. S., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Analysis of Junior High School Students’ Problem-solving Ability Reviewed from Self-regulated Learning. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 51. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16678

Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 21–30.

Hadi, F. R. (2018). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 80. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2925

Havill, J., & Havill, J. (2020). How to Solve It. Discovering Computer Science. https://doi. org/10.1201/9781003037149-1.

Kania, E. S., Yaniawati, P., Indrawan, R., & Firmansyah, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Geogebra. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(Vol 10 No. 2). https://doi.org/10.23969/pjme.v10i2.3151

Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1748

Maesya Firdaus, D., Purwanto, S. E., & Nuriadin, I. (2021). Kontribusi Seft-Efficacy Dan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 85–103. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6488

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Nst, M. B., Surya, E., & Khairani, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1533–1544. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2291

Nuutila, K., Tapola, A., Tuominen, H., Molnár, G., & Niemivirta, M. (2021). Mutual relationships between the levels of and changes in interest, self-efficacy, and perceived difficulty during task engagement. Learning and Individual Differences, 92(October). https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.102090

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263

Setyaningsih, R., & Rahman, Z. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1606. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5098

Sinaga. C. V. R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Forum Pemuda Aswaja.

Shofiya, N., & Wulandari, F. E. (2018). penelitian pemdidikan IPA. Model Problem Besed Learning, 12(2), 344–349.

Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 375–383. https://doi.org/10.29333/iejme/5721

Ulva, E., Maimunah, M., & Murni, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN Se-Kabupaten Kuantan Singingi Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1230–1238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.356

Vina Serevina, Sunaryo, Raihanati, I Made Astra, I. J. S. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology –, 17(3), 26–36.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.131-140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ