KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN CONNETED MATHEMATICS PROJECT (CMP)
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.161-168Keywords:
Kemampuan koneksi matematis, pembelajaran CMPAbstract
Tujuan penelitian ini mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran CMP dan pembelajaran konvensional. Salah satu tujuan matematika adalah kemampuan menjelaskan keterkaitan antar konsep matematika. Oleh karena itu, kemampuan koneksi matematis peting dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran untuk menumbuh kembangkan kemampuan koneksi matematis siswa adalah dengan memilih model pembelajaran CMP. Pada proses pembelajaran CMP dilakukan dengan berkelompok dimana siswa akan dituntut untuk bisa menghubungkan materi yang sudah di pelajari dengan materi yang akan dipelajari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 15 Kota Bengkulu yang terdiri dari 5 kelas. Setelah diambil secara acak terpilih kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan VIII E sebagai kelas eksprimen. Instrument penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis berupa pretest-posttest dalam bentuk soal uraian. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CMP lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.References
Asmara, Adi. 2014. Model-Model Pembelajaran Konstruktivis. Bengkulu: Tidak diterbitkan.
Ating, Somatri. Dkk. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Djamarah, S.B. ,Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
Permendiknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menpennas.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: VA NCTM.
Rohendi, D., Jojon Dulpaja. 2013. Connected Mathematics Project CMP Model Based on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of Junior High School Student. Journal of education and practice. Vol 4 No. 4, hal 17-22. [20 desember 2016]
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).