PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERAKHIR TERBUKA PADA SISWA SMA
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi ditunjukkan oleh kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang memiliki jawaban atau cara penyelesaian lebih dari satu. Masalah demikian disebut masalah berakhir terbuka. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa SMA kelas XI dalam menyelesaikan masalah berakhir terbuka. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan campuran kuantifatif dan kualitatif (blended quntitative-qualitative approach) dengan jenis penelitian deskriptif. Subjeknya adalah 40 siswa kelas XI dari salah satu SMAN di kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Peneliti memberikan instrumen penelitian yaitu dua masalah matematika berakhir terbuka pada materi lingkaran dan garis singgung lingkaran kepada semua subjek. Masing-masing masalah menuntut siswa untuk menyelesaikan dengan dua cara berbeda. Cara pertama pada masalah bagian (a), dan cara kedua pada bagian (b). Penyelesaian dari setiap subjek diskor menggunakan rubrik holistik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sebesar 4,63 (maksimum skor = 16) jika dikonversi ke skala 100 menjadi 28,9.. Hanya ada 1 dari 40 siswa (2,5%) yang mampu menyelesaikan Masalah 1 dengan dua cara berbeda. Pada Masalah 2, ada 92,5% yang mampu menyelesaikan dengan satu cara tertentu tetapi belum mampu menyelesaikan dengan cara lainnya. Jadi, tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir tertinggi dalam matematika yaitu berpikir kreatif. Kondisi tersebut terjadi karena penyelesaian siswa pada masalah berakhir terbuka hanya didasarkan pada rumus atau prosedur tertentu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ary, D., Jacobs, L. C., & Sorensen, C. 2006. Introduction to research in education (8th ed.). Belmont, CA: Wadsworth.
Bush, W. S., & Greer, A. S. (Eds.). 1999. Mathematics assessment. A practical handbook for grade 9–12. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics Inc.
Charles, R., Lester, F., & O'Daffer, P. 1987. How to evaluate progress in problem solving. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Hudojo, H. 2005. Kapita selekta pembelajaran matematika. Malang, Indonesia: UM.
King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. 2016. Higher order thinking skills. Retrieved March 30, 2016, from http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf
Krulik, S., Rudnick, J., & Milou, E. 2003. Teaching mathematics in middle schools. A practical guide. Boston, MA: Pearson Education Inc.
Mahendra, Y. B. 2015. Proses berpikir kreatif siswa kelas XA SMA Negeri 1 gedangan dalam memecahkan masalah matematika pada materi peluang dengan soal higher order thinking ditinjau dari tingkat berpikir kreatif. MATHEdunesa, 1(4).
Mairing, J. P. 2017. Kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel. Aksioma, 15-26. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8365
Mairing, J. P., Budayasa, I. K., & Juniati, D. 2011. Profil pemecahan masalah peraih medali OSN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 65–71. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/viewFile/2758/508
Mairing, J. P., Budayasa, I. K., & Juniati, D. 2012. Perbedaan profil pemecahan masalah peraih medali OSN matematika berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 125–134. doi:10.17977/jip.v18i2.3612
Marzano, R. J., Pickering, D., & McTighe, J. 1993. Assessing student outcomes. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Matlin, M. W. 1994. Cognition (4 ed.). Orlando, FL: Harcourt Brace & Company.
Ministry of Education. 2006. A guide to effective instruction in mathematics kindergarten to grade 6, volume two: Problem solving and communication. Toronto, Canada: Ontario Ministry of Education.
National Council of Teachers of Mathematics [NCTM]. 2000. Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Ontario Ministry of Education. 2006. A guide to effective instruction in mathematics kindergarten to grade 6, volume two: Problem solving and communication. Toronto, Canada: Ontario Ministry of Education.
Polya, G. 1973. How to solve it (2 ed.). Princeton, NJ: Princeton University Press.
Posamenteir, A. S., & Krulik, S. 2009. Problem solving in mathematics grades 3–6, powerful strategies to deepen understanding. Thousand Oaks, CA: Corwin A SAGE Company.
Sa'dijah, C., & Sukoriyanto. 2015. Asesmen pembelajaran matematika. Malang, Indonesia: UM Press.
Sternberg, R. J., & Sternberg, K. 2012. Cognitive psychology (6 ed.). Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.61-70
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |