PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X

Main Article Content

Vicky Vidyasary
Restu Lusiana
Sri Wahyu Utami

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan matematika merupakan kemampuan yang sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan global. Akan tetapi, banyak siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah terutama ketika menghadapi masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Problem Based Learning berbasis kontekstual. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana hasil penelitian pada siklus pertama akan mendasari penelitian pada siklus kedua. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes sesuai indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MP 1 SMKN 5 Madiun pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata seluruh aspek kemampuan berpikir kritis meningkat dari kategori "Kurang" pada Pra-Siklus (60,2%) menjadi "Cukup" pada Siklus 1 (71,7%) dan mencapai kategori "Baik" pada Siklus 2 (81,3%) yang mana memenuhi kriteria keberhasilan.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmatika, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Handayani, 4(2).

Aji, R. H. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian, VI(1).

Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–990.

Ariandi, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1).

Cahyono, B. (2017). ANALISIS KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH DITINJAU PERBEDAAN GENDER. AKSIOMA, 8(1), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510

Fahrunisa, A. (2019). Penerapan Model Pbl untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9, 881–890.

Fauziah, A., & Prayogo, M. S. (2023). Fungsinyapada Siswa Iv Di Mi Miftahul Ulum Lumajang. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 48–51. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v12i1.68046

Hamida, H., Wiradendi Wolor, C., & Firdausi Rachmadania, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smkn3 Jakarta. Berajah Journal, 3(1), 97–106. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.200

Hariyani, S., & Artikel, H. (2023). Buletin Pengabdian Multidisiplin Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. 01(01), 51–55.

Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1290

Lusiana, R., & Andari, T. (2020). Brain based learning to improve students’ higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012004

Lusiana, R., Sa, C., Subanji, S., & Chandra, T. D. (2024). Elementary Teachers ’ Noticing of Students ’: How to Stimulate Students ’ Critical and Creative Thinking. 13(2), 1319–1330. https://doi.org/10.18421/TEM132

Lusiana, R., Suprapto, E., & Sukristini, I. (2021a). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 55–63.

Lusiana, R., Suprapto, E., & Sukristini, I. (2021b). Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) on Mathematics Learning Achievement in terms of Student Adversity Quotient (AQ). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.7670

Mardhani, S. D. T., Haryanto, Z., & Hakim, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 206–213. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.21325

Masrinah, E. N. dkk. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 1.

Maulida, Y. N., Eka, K. I., & Wiarsih, C. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1). https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.1521

Muhamad Afandi. (2020). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “ PENDIDIKAN DASAR ,” 1(1), 1–19.

Mutiani. (2019). No Title. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 2 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2018/2019.

Ningsih, D. A. S., Hambali, H., & Imran, M. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 695–706. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1745

Pohan, R. F., & Rambe, M. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Kimia Teknik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UGN Padangsidimpuan Tahun Akademik 2020/2021. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1). https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i1.138

Putri, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas IX MTs Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun. Skripsi, 1–122.

Rahmaini, N., & Ogylva Chandra, S. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1). https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420

Rohmah, N., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1254

Safitri, A., Lusiana, R., & Adamura, F. (2024). Karakteristik Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dengan Kemampuan Kognitif Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika ( Characteristics of Critical Thinking Skills of High School Students with High Cognitive Skills in Solving Mathematical Problems ) Kehid. 9(1), 14–29.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Sari, A. A. I., & Lutfi, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Inkuiri. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1). https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.225

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.

Sukowati, V. P., & Harjono, N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3212

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif - Google Books. In Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Utomo, I. S., & Hardini, A. T. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2495

Winarti, E. R., Waluya, B., & Rochmad. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning Dengan Peer Feedback Activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 197–207.

Wiswasta, I. G. N. A., Sukamerta, I. M., Wedagama, D. M., & Agung, I. G. A. A. (2017). Metode Penelitian Dan Analisis Statistik Kuantitatif Deskriptif ( Dilengkapi Contoh Model Penelitian ). Library.Unmas.Ac.Id, 1–66.

Yokhebed, Y. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi Profile of 21st Century Competency: Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking at Prospective Biology Teachers. Bio-Pedagogi, 8(2), 94. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.36154