PENGEMBANGAN EDUGAME SIMULASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATASR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Alifia, A.S., Palupi, W., & Jumiatmoko. 2022. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia. 10(2):130 143.
Alparisa, E.T., Wahyudi, J & Sudarsono. 2022. Aplikasi Adobe Animate CC Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Jurnal Komputer: 7-12.
Apsari, P.N, dan Rizki, S. 2018. Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7(1): 161-170.
Asmaranti, W., dan Andayani, S. 2018. Mengapa Media Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Penting? Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 6(2), 146–157.
Astari, F. W., dan Sudarmilah, E. 2019. Belajar Fotosintesis dengan Edugame Berbasis Android. Jurnal Teknik Elektro 19(2): 74-80.
Hasybi, N., dan Munandar, D.R. 2021. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Ditinjau Berdasarkan Gender. Jurnal Sigma 6(2): 124-129.
Himawan, R. F., dan Sulaiman, R. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Menurut Teori Polya Ditinjau Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 10(1): 1-9.
Himmi, N., Agustyaningrum, N., & Iswanti, I. 2021. Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smk. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4): 2497-2506.
Lutfiana, A. N., Suastika, I. K., & Yuniasih, N. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas 6 SD. Jurnal Terapan Sains & Teknologi 3(3): 186 196.
Mulyani, S., Santosa, C.A. H. F., & Pamungkas, A.S. 2020. Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Instrumen Tes Four-Tier Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika 1(1): 76 83.
Nurhayati, E., Zainudin, M., & Rohmah. Desain Digital Book Sebagai Alternatif Sumber Belajar Aritmatika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pendididikan FPMIPA 1(1): 254-261.
Padian.B.H.L., Subarinah, S., Tyaningsih, R. Y., & Soeprianto, H. 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Classroom Action Research 5(2): 73-80.
Rangkuti.A.M. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Talking About Self Melalui Powerpoint Edugame Roda Putar Di SMK Negeri Taman Fajar Kabupaten Aceh Timur. JMP Online 5(1): 25–44.
Salaka, C., Molle, J. S., & Gaspersz, M. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti 3(2):66–70.
Saniriati, D.M.D., Dafik, Murtikusuma, R.P. 2022. Development of Adobe Animate Learning Media Assisted by Schoology on Arithmetic Sequences and Series. Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika 4(2): 132-145.
Sihombing, A. S.O., Sidabutar, R., & manurung, S. 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di Kelas X. Journal on Education 05(04): 14454–14469.
Simanihuruk, H. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Adobe Animate Cc Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Smk Negeri 1 Kabanjahe. Tesis Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (tidak dipublikasikan).
Soleha, S., Setiawan, T.A., Suhendi & Hakim, N. 2022. Pengembangan Ensiklopedia Online Berbasis Anyflip Pada Materi Fungi Sebagai Alternatif Sumber Belajar Untuk Siswa SMA/MA Kelas X. Jurnal BIOEDUCATION 9(2): 47-56.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suliswanto, D., Juniati, D., & Wijayanti, P. 2020. Profil Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Didaktik Matematika 7(2): 156–170.
Suryadi, A., Ranchman, G. A., Amelia, R. P., & Rahayu, T. C. 2021. Penggunaan Handphone Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial. CEBONG Journal 1(1): 15-19.
Yanto, D. T. P. 2019. Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 19(1): 75-82.
Yunitasari, I., Sahrudin, A., Kartasasmita, B. G., & Prakoso, T.B. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Program Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal of Matematics Learning 2(2): 1-11.