PENGEMBANGAN EDUGAME SIMULASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATASR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Article Content

Achmad Rafi Shiddik
Ririn Widiyasari

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan sumber belajar alternatif yang digunakan siswa baik saat pembelajaran di sekolah ataupun saat belajar mandiri khususnya pada materi persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sumber belajar alternatif siswa berbasis software adobe animate yang valid, dan praktis untuk digunakan siswa sebagai sumber belajar alternatif pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa angket. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas x-e2 MAN 22 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa edugame simulasi matematika sangat valid, dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa khususnya pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang ditunjukan dari hasil validasi para ahli, hasil angket respon siswa dan guru sebagai ke praktisan edugame simulasi matematika, hasil penilaian oleh ahli media memperoleh skor 88,610%, ahli materi memperoleh skor 91,25%, ahli bahasa memperoleh 76,67%, angket respon siswa uji coba kelas kecil diperoleh angket respon sebesar 82,08%, angket respon siswa uji coba kelas besar diperoleh 80,75%, angket respon guru mendapatkan skor 94,58%, serta nilai hasil pretest mendapatkan skor 76,25% dan nilai hasil posttest mendapatkan skor 90%, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa edugame simulasi matematika berbasis adobe animate materi sistem persaman linear tiga variabel sangat valid, dan praktis untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar siswa.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Ririn Widiyasari, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Alifia, A.S., Palupi, W., & Jumiatmoko. 2022. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia. 10(2):130 143.

Alparisa, E.T., Wahyudi, J & Sudarsono. 2022. Aplikasi Adobe Animate CC Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Jurnal Komputer: 7-12.

Apsari, P.N, dan Rizki, S. 2018. Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7(1): 161-170.

Asmaranti, W., dan Andayani, S. 2018. Mengapa Media Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Penting? Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 6(2), 146–157.

Astari, F. W., dan Sudarmilah, E. 2019. Belajar Fotosintesis dengan Edugame Berbasis Android. Jurnal Teknik Elektro 19(2): 74-80.

Hasybi, N., dan Munandar, D.R. 2021. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Ditinjau Berdasarkan Gender. Jurnal Sigma 6(2): 124-129.

Himawan, R. F., dan Sulaiman, R. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Menurut Teori Polya Ditinjau Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 10(1): 1-9.

Himmi, N., Agustyaningrum, N., & Iswanti, I. 2021. Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smk. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4): 2497-2506.

Lutfiana, A. N., Suastika, I. K., & Yuniasih, N. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas 6 SD. Jurnal Terapan Sains & Teknologi 3(3): 186 196.

Mulyani, S., Santosa, C.A. H. F., & Pamungkas, A.S. 2020. Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Instrumen Tes Four-Tier Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika 1(1): 76 83.

Nurhayati, E., Zainudin, M., & Rohmah. Desain Digital Book Sebagai Alternatif Sumber Belajar Aritmatika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pendididikan FPMIPA 1(1): 254-261.

Padian.B.H.L., Subarinah, S., Tyaningsih, R. Y., & Soeprianto, H. 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Classroom Action Research 5(2): 73-80.

Rangkuti.A.M. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Talking About Self Melalui Powerpoint Edugame Roda Putar Di SMK Negeri Taman Fajar Kabupaten Aceh Timur. JMP Online 5(1): 25–44.

Salaka, C., Molle, J. S., & Gaspersz, M. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti 3(2):66–70.

Saniriati, D.M.D., Dafik, Murtikusuma, R.P. 2022. Development of Adobe Animate Learning Media Assisted by Schoology on Arithmetic Sequences and Series. Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika 4(2): 132-145.

Sihombing, A. S.O., Sidabutar, R., & manurung, S. 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di Kelas X. Journal on Education 05(04): 14454–14469.

Simanihuruk, H. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Adobe Animate Cc Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Smk Negeri 1 Kabanjahe. Tesis Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (tidak dipublikasikan).

Soleha, S., Setiawan, T.A., Suhendi & Hakim, N. 2022. Pengembangan Ensiklopedia Online Berbasis Anyflip Pada Materi Fungi Sebagai Alternatif Sumber Belajar Untuk Siswa SMA/MA Kelas X. Jurnal BIOEDUCATION 9(2): 47-56.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suliswanto, D., Juniati, D., & Wijayanti, P. 2020. Profil Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Didaktik Matematika 7(2): 156–170.

Suryadi, A., Ranchman, G. A., Amelia, R. P., & Rahayu, T. C. 2021. Penggunaan Handphone Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial. CEBONG Journal 1(1): 15-19.

Yanto, D. T. P. 2019. Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 19(1): 75-82.

Yunitasari, I., Sahrudin, A., Kartasasmita, B. G., & Prakoso, T.B. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Program Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal of Matematics Learning 2(2): 1-11.