PROSES PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PAMANE TALINO

Rahmat Winata, Rizki Nurhana Friantini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah pada mahasiswa Pendidikan Matematika semester 3 STKIP Pamane Talino yang memperoleh prestasi akademik tinggi, sedang, dan rendah pada mata kuliah Statistika Lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kegiatan tes dan wawancara. Tehmik validasi yang dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Dalam penelitian ini, proses pemecahan masalah terdiri atas empat tahapan yaitu: memahami masalah (understanding the problem), membuat rencana (making a plan), melaksanakan rencana (carrying out the plan), dan melihat kembali (looking back). Hasil dari penelitian ini menunjukkan mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi sudah melaksanakan tahap-tahap pemecahan masalah dan dapat memahami masalah dengan baik tetapi belum benar-benar memahami materi sehingga hasil dari pemecahan masalah salah.  Sedangkan untuk mahasiswa dengan prestasi akademik sedang belum dapat memahami soal dengan baik. Selain itu juga belum benar-benar memahami materi dan kurang teliti dalam menghitung sehingga hasil dari pemecahan masalah salah. Lebih lanjut, yang mempunyai prestasi akademik rendah belum memahami masalah dengan baik dan belum dapat melaksanakan tahap-tahap pemecahan masalah secara maksimal. Selain itu juga belum memahami materi karena metode yang digunakan tidak sesuai untuk memecahkan masalah tersebut.

Keywords


Proses Pemecahan Masalah, Polya, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aufin, Mohammad. 2012. “Komunikasi dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Psikologi. Vol. 1, No. 2, Hal 94-110, Agustus 2012.

Firdaus, Hana Puspita Eka. 2017. “Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar”. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II) Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: 18 Maret 2017.

Pellerin, J. E. 2012. “Improving Mathematical Reasoning and Discourse trough Problem Solving”. University of South Florida St. Petersburg Student Research Journal. Vol. 2, Issue 1, Pp. 1-14.

Rasiman. 2011. “Leveling Of Students Critical Thinking Abilities In Mathematics Problem Solving In Line With Gender Differences”. Prosiding International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education 2011 “Building the Nation Character through Humanistic Mathematics Education”. Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University. Yogyakarta: 21-23 Juli 2011.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, A. 2012. “Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: 10 November 2012.

Widodo, Sri Adi dan Sujadi, A. A. 2015. “Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri”. Jurnal Sosiohumaniora. Vol. 1, No. 1, April 2015.

Zhu, Z. 2007. “Gender Differences in Mathematical Problem Solving Patterns: A Review of Literature”. International Education Journal. Vol. 8, No. 2, Pp. 187-203. ISSN: 1443-1475.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.87-96

Refbacks



Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ