PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN MAJEMUK ANAK

Viarti Eminita, Arlin Astriyani

Abstract


Selama ini banyak orang tua berpersepsi bahwa anak yang cerdas adalah anak-anak yang mendapatkan nilai yang tinggi dalam pelajaran disekolah terutama mata pelajaran matematika. Hampir sebagian besar orang tua melakukan kesalahan terhadap anak-anaknya. Kesalahan tersebut salah satunya karena persepsi atau ketidaktahuan orang tua dalam mendidik anak dengan benar. SD Labschool FIP UMJ memiliki misi membangun kecerdasan anak melalui kecerdasan majemuk. Misi ini juga harus didukung oleh orang tua siswa, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana persepsi orang tua terhadap kecerdasan majemuk anaknya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap kecerdasan majemuk anaknya. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara harapan (dukungan) dan persepsi orang tua menggunakan metode survey. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dari siswa SD Labschool FIP UMJ berjumlah 257. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel bertujuan dan sampel yang digunakan adalah 38 siswa dari 2 kelas yang dipilih. Terdapat 18 indikator pada instrumen yang tidak valid/dikeluarkan dari 88 indikator yang diujikan. Berdasarkan hasil analisis IPA yang dilakukan, diperoleh bahwa Tingkat Kesesuaian Total (Tki  Total) antara persepsi (X) dengan dukungan (Y) adalah sebesar 94,9 %. Hal ini berarti bahwa antara dukungan dan harapan yang diberikan oleh orang tua terhadap kecerdasan majemuk anak sudah sesuai dengan persepsi atau performa kecerdasan majemuk anak. Kecerdasan majemuk yang masih perlu ditingkatkan bagi siswa adalah kecerdasan logis-matematis anak. Performa kecerdasan ini masih sangat jauh dari dukungan dan harapan orang tua.


Keywords


Kecerdasan Majemuk, Persepsi, Kecerdasan Logis-Matematis.

Full Text:

PDF

References


Asrori, M. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Amstrong, T. 2003. Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelegences di Dunia Pendidikan. Bandung: Kaifa.

A’yun, Q dan Nanik P, Chusniatun. 2015. “Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini” (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeshooling). Jurnal Indigenous. Vol 13 (2), pp: 33-40.

Azwar, S. 2010. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Black, R., Walsh, L., Magee, J., Hutchins, L., Berman, N., & Groundwater-Smith, S. 2014. Student leadership: a review of effective practice. Canberra: ARACY.

Cairns, E. 2015. Every child is capable of learning maths. [Online] Tersedia: https://www.britishcouncil.org/voices-magazine/every-child-capable-learning-maths [31 Maret 2018].

Chatib, M. 2014. Orang Tuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa.

Chatib, M. 2017. Semua Anak Bintang: Menggali Kecerdasan dan Bakat Terpendam dengan Multiple Intelligences Research (MIR). Bandung: Kaifa.

Department of Education & Training. 2013. Natural Environments. [Online] Tersedia: http://www.education.vic.gov.au/Documents/childhood/providers/regulation/pracnotesnaturalenv.pdf [5 April 2018].

Hessel, S. 2005. Teacher and Parent Perceptions of Children’s Multiple Intelligences. Tesis tidak diterbitkan. USA: Florida State University.

Noviarni, S. 2015. Orang Tua Juga Perlu Belajar. [Online] Tersedia: http://koran-sindo.com/page/news/2015-12-29/4/14. [5 Februari 2018].

Silva, FDJH dan Fernandes PO. 2011. Importance-Performance Analysis As A Tool In Evaluating Higher Education Service Quality: The Empirical Results Of Estig (IPB). The 17th IBIMA conference on Creating Global Competitive Economies: A 360-degree Approach. Milan, Italy.

Singh, K et al.. 2016. Measure of Positive Psychology: Norms for Test Construction. [Online] tersedia: https://www.springer.com/cda/content/document/cda_downloaddocument/9788132236290-c2.pdf [10 Januari 2018].

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Widiyasari, R dan Mutiarani. 2017. “Penggunaan Metode Structural Equation Modelling untuk Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa FIP UMJ”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (2), pp: 147-160.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.1-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ