KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANTARA PMR DAN PBM PADA MATERI GEOMETRI SMP KELAS VII

I Wayan Amperawan, I Gusti Ngurah Pujawan, I Made Suarsana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran matematika realistik (PMR) lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah (PBM). Jenis penelitian ini adalah eksperiman semu dan menggunakan desain penelitian adalah Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII non unggulan di SMP N 1 Sukasada pada tahun ajaran 2017/2018. Siswa pada kelompok eksperimen dibelajarkan dengan pembelajaran matematika realistik dan pada kelompok pembanding dibelajarkan dengan PBM  selama 8 kali pertemuan, serta pada pertemuan ke-9 dilaksanakan post-test. Post-test pada penelitian ini menggunakan tes pemecahan masalah matematika yang berbentuk tes uraian. Melalui tes tersebut diperoleh rata-rata skor kelompok eksperimen sebesar 13,43 dan kelompok pembanding sebesar 12,37. Perolehan data dalam penelitian tersebut diuji normalitasnya menggunakan uji liliefors, homogenitas penelitian diuji dengan uji levene dan hipotesis penelitian diuji dengan uji-t. Dari analisis data diperoleh t-hitung=1,76959 dan t-tabel=1,672. Apabila dibandingkan nilai t-hitung > t-tabel, sehingga H0 ditolak. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah  matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah.


Keywords


PMR, PBM, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2007. Learning to Teach Seventh Edition. New York: The. McGraw Hill Companies.

Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astriyani, Arlin. 2015 “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Bahan Manipulatif Terhadap Motivasi Belajar Matematika ” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 1(1), pp: 28-42.

Bedilius.2016. Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa SMP N 1 Cibal. Tesis tidak diterbitkan. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Farahiya, Cut Izzah, 2015. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis antara Siswa yang Diberi Pembelajaran Problem Based Learning dengan Siswa yang Diberi Pembelajaran Realistic Mathematics Education di MTsN Ulumul Qur’an Langsa. [Online] Tersedia : http://digilib.unimed.ac.id/8209/8/3.%20ABSTRAK.pdf. [16 April 2018].

Fitriana, Dyah,Ayu. 2016. Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Problem Based Learning Ditinjau dari Motivasi Belajar Kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas. [Online] Tersedia: http://eprints.ums.ac.id/48430/2/02.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf [16 April 2018].

Gusnarsi. Desi, Utami. Citra, Wahyuni. Rika, 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Lingkaran”. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol.2 (1), pp: 32-36.

Hartono, Yusuf. 2014. Matematika: Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Imelda. Sinaga, 2014. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA yang Dibelajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 8 T.A 2013/2014. [Online] Tersedia: http://digilib.unimed.ac.id/11872/5/409411018%20ABSTRAK.pdf [16 April 2018].

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No.23 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2017. Rekapan Nilai UN. [Online] Tersedia: https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ [2 Februari 2018].

Mahayukti, G.A, Suarsana, I M, Wijaya, I G. A. P, 2013. “Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Daya Matematik dan Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol.46 (1), pp: 38-46.

Murniati, L.D, Candiasa, I M, Kirna I M, 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol.46 (2), pp: 114-124.

Nurdini, Sophi. 2017. Kemampuan Pemahanam Konsep dan Seft Confidence Melalui Model Realistic Mathematics Education dan Model Problem Based Learning Terhadap siswa SMP. [Online] Tersedia: http://repository.unpas.ac.id/14844/1/artikel%20tesis.pdf [17 April 2018].

Nurhayati. Nunu, 2017 “Pengembangan Perangkat Bahan Ajar pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (2), pp: 121-136.

Pangestu, Prayogo. & Utami PS, Utami. 2016 “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Belajar Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 2 (2), pp: 58-71.

Sawyer, W.W. 1991. Mathematician's Delight. USA : Penguin Group USA.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Suharta, I Gusti, Putu. 2017. “Pembelajaran Matematika Realistik di SD”. Makalah Dalam: Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik bagi Guru SD, 11 Agustus 2017.

Suherman, E.1993. Evaluasi Hasil Belajar dan Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Van den Heuvel-Panhuizen, 2003.“The Didactical Use of Models in Realistic Mathematics Education: an Example From a Longitudinal Trajectory on Percentage”. Educational Studies in Mathematics. Vol. 54, pp: 341–37.

Winarni Pudji, Candiasa. I M, Marhaeni. A.A.I.N. 2013. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Asesmen Kinerja terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Bakat Numerik pada Siswa Kelas V SDN 1 dan SDN 2 Gianyar di Gugus 1 Kecamatan Gianyar. [Online] Tersedia: http://119.252.161.254/ejournal/index.php/jurnal_ep/article/download676/461 [15 Oktober 2017].




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.47-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ