KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANTARA PMR DAN PBM PADA MATERI GEOMETRI SMP KELAS VII
Main Article Content
Abstract
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arends, Richard I. 2007. Learning to Teach Seventh Edition. New York: The. McGraw Hill Companies.
Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astriyani, Arlin. 2015 “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Bahan Manipulatif Terhadap Motivasi Belajar Matematika ” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 1(1), pp: 28-42.
Bedilius.2016. Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa SMP N 1 Cibal. Tesis tidak diterbitkan. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Farahiya, Cut Izzah, 2015. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis antara Siswa yang Diberi Pembelajaran Problem Based Learning dengan Siswa yang Diberi Pembelajaran Realistic Mathematics Education di MTsN Ulumul Qur’an Langsa. [Online] Tersedia : http://digilib.unimed.ac.id/8209/8/3.%20ABSTRAK.pdf. [16 April 2018].
Fitriana, Dyah,Ayu. 2016. Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Problem Based Learning Ditinjau dari Motivasi Belajar Kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas. [Online] Tersedia: http://eprints.ums.ac.id/48430/2/02.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf [16 April 2018].
Gusnarsi. Desi, Utami. Citra, Wahyuni. Rika, 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Lingkaran”. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol.2 (1), pp: 32-36.
Hartono, Yusuf. 2014. Matematika: Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Imelda. Sinaga, 2014. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA yang Dibelajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 8 T.A 2013/2014. [Online] Tersedia: http://digilib.unimed.ac.id/11872/5/409411018%20ABSTRAK.pdf [16 April 2018].
Kemendikbud. 2016. Permendikbud No.23 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2017. Rekapan Nilai UN. [Online] Tersedia: https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ [2 Februari 2018].
Mahayukti, G.A, Suarsana, I M, Wijaya, I G. A. P, 2013. “Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Daya Matematik dan Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol.46 (1), pp: 38-46.
Murniati, L.D, Candiasa, I M, Kirna I M, 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol.46 (2), pp: 114-124.
Nurdini, Sophi. 2017. Kemampuan Pemahanam Konsep dan Seft Confidence Melalui Model Realistic Mathematics Education dan Model Problem Based Learning Terhadap siswa SMP. [Online] Tersedia: http://repository.unpas.ac.id/14844/1/artikel%20tesis.pdf [17 April 2018].
Nurhayati. Nunu, 2017 “Pengembangan Perangkat Bahan Ajar pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (2), pp: 121-136.
Pangestu, Prayogo. & Utami PS, Utami. 2016 “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Belajar Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 2 (2), pp: 58-71.
Sawyer, W.W. 1991. Mathematician's Delight. USA : Penguin Group USA.
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Suharta, I Gusti, Putu. 2017. “Pembelajaran Matematika Realistik di SD”. Makalah Dalam: Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik bagi Guru SD, 11 Agustus 2017.
Suherman, E.1993. Evaluasi Hasil Belajar dan Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Van den Heuvel-Panhuizen, 2003.“The Didactical Use of Models in Realistic Mathematics Education: an Example From a Longitudinal Trajectory on Percentage”. Educational Studies in Mathematics. Vol. 54, pp: 341–37.
Winarni Pudji, Candiasa. I M, Marhaeni. A.A.I.N. 2013. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Asesmen Kinerja terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Bakat Numerik pada Siswa Kelas V SDN 1 dan SDN 2 Gianyar di Gugus 1 Kecamatan Gianyar. [Online] Tersedia: http://119.252.161.254/ejournal/index.php/jurnal_ep/article/download676/461 [15 Oktober 2017].