ANALISIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATEMATIKA

Maylita Hasyim, Febrika Kusuma Andreina

Abstract


Saat ini siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika yang mengarah pada berpikir High Order Thinking Skill (HOTS) yaitu siswa menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dikembangkan selama pembelajaran dalam konteks baru. Pemberian Open Ended Problems (OEP) atau problem terbuka artinya permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa beragam (multi jawab, fluency) sehingga siswa diberi kesempatan untuk berpikir HOTS dalam menyelesaikan OEP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis HOTS siswa dalam menyelesaikan soal OEP dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif, dengan metode penyajian deskriptif dan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu enam orang siswa kelas X MIPA-5 SMA Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2017/2018 yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan menyelesaikan soal OEP. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis yang disajikan dalam OEP dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa HOTS siswa ditentukan oleh kemampuan siswa dalam memecahkan OEP, semakin tinggi kemampuan siswa dalam memecahkan OEP maka semakin banyak indikator HOTS yang dicapai. HOTS siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi indikator menganalisis, mengevaluasi, hingga mencipta. HOTS siswa dengan kemampuan sedang mampu memenuhi indikator menganalisis dan mengevaluasi. HOTS siswa dengan kemampuan rendah mampu hanya memenuhi indikator menganalisis, dan belum dapat dikatakan memenuhi indikator mengevaluasi dan mencipta.


Keywords


high order thinking skill (HOTS), kemampuan, matematika, open ended problem (OEP), Matematika

Full Text:

PDF

References


Budiman Agus, Jailani. 2014. “Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester I”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 1 (2), pp: 139-151.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika (Revisi). PT Refika Aditama.

J. Moleong, L. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2017. Higher-Order Thinking Skills (HOTS). [Online] Tersedia: http://slideplayer.info/slide/12409112. [25 Maret 2018].

Kurniati Dian, Harimukti Romi, dan Jamil Nur Aisyah. 2016. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 20 (2), pp: 142-155.

Kuswana, W.S. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riadi, Arifin. 2016. “Problem Based Learning Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa kelas VIII SMPN 1 Daha Utara dan SMPN 2 Daha Utara”. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2 (3), pp: 154-163.

Shidiq Ari Syahidul, Masykuri Mohammad, Susanti Elvi. 2015. “Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan”. Makalah Dalam: Seminar Nasional Pendidikan Sains, 19 November 2015.

Suryapuspitarini Betha Kurnia, Wardono, Kartono. 2018. “Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk mendukung Kemampuan Literasi Siswa”. Makalah Dalam: Seminar Nasional Matematika, 20 Oktober 2018.

Yuningsih, Tri. 2013. Analisis High Order Thinking Skill Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pokok Bahasan Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ