PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DASAR

Hastri Rosiyanti, Rahmita Nurul Muthmainnah

Abstract


Latar belakang masalah ini didasari dari data rendahnya hasil belajar Matematika mahasiswa matematika dasar pada tahun 2017. Terdapat 2 dari 34 mahasiswa Matematika Dasar yang tidak lulus dengan nilai D atau E, dan terdapat 7 mahasiswa yang memiliki nilai C. Faktanya dalam proses pembelajaran matematika dasar, mahasiswa efektif menggunakan  gadget sebagai sumber belajar. Hal ini membuat penulis meneliti lebih lanjut untuk menguji adanya pengaruh dalam penggunaan sumber belajar melalui gadget terhadap hasil belajar Matematika mahasiswa matematika dasar tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian sebab akibat dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa matematika dasar kelas A angkatan 2017 sebanyak 34 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil nilai mahasiwa dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana dari data hasil belajar mahasiswa matematika pada mata kuliah matematika dasar dan hasil angket siswa. Hasil dari penelitian ini, terdapat pengaruh dan signifikan penggunaan gadget terhadap hasil belajar matematika dasar. Hal ini menunjukkan bahwa variabel hasil belajar matematika mahasiswa matematika dasar,  ditentukan oleh variabel penggunaan gadget sebagai sumber belajar dan sisanya ditentukan oleh variabel lain.


Keywords


Gadget, Sumber Belajar, Hasil Belajar Matematika, Matematika Dasar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitasn Belajar (Teori, Diagnotis dan Remediasinya). Jakarta: Rineka Cipta

Marta, Finola Putri. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dasar Layanan Jurusan Non Eksak. Jurnal Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 2 (1), pp 44-52

Miarso. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Huriyanti, Luthfi., dan Hastri Rosiyanti. 2017. “Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (1), pp: 65-76.

Rosiyanti, Hastri. 2015. “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Materi Transformasi Linier”. Jurnal Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 1 (2), pp 25-36

Rosiyanti, Hastri., dan Esti Wijayanti. 2015. “Implementasi Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Sikap Siswa”. Jurnal Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 1 (2), pp 37-44

Supriadi, 2015. “Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran”. Lantanida Journal. Vol 3 (2)

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekaan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ