PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36Keywords:
Gadget, Sumber Belajar, Hasil Belajar Matematika, Matematika DasarAbstract
Latar belakang masalah ini didasari dari data rendahnya hasil belajar Matematika mahasiswa matematika dasar pada tahun 2017. Terdapat 2 dari 34 mahasiswa Matematika Dasar yang tidak lulus dengan nilai D atau E, dan terdapat 7 mahasiswa yang memiliki nilai C. Faktanya dalam proses pembelajaran matematika dasar, mahasiswa efektif menggunakan gadget sebagai sumber belajar. Hal ini membuat penulis meneliti lebih lanjut untuk menguji adanya pengaruh dalam penggunaan sumber belajar melalui gadget terhadap hasil belajar Matematika mahasiswa matematika dasar tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian sebab akibat dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa matematika dasar kelas A angkatan 2017 sebanyak 34 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil nilai mahasiwa dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana dari data hasil belajar mahasiswa matematika pada mata kuliah matematika dasar dan hasil angket siswa. Hasil dari penelitian ini, terdapat pengaruh dan signifikan penggunaan gadget terhadap hasil belajar matematika dasar. Hal ini menunjukkan bahwa variabel hasil belajar matematika mahasiswa matematika dasar, ditentukan oleh variabel penggunaan gadget sebagai sumber belajar dan sisanya ditentukan oleh variabel lain.References
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitasn Belajar (Teori, Diagnotis dan Remediasinya). Jakarta: Rineka Cipta
Marta, Finola Putri. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dasar Layanan Jurusan Non Eksak. Jurnal Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 2 (1), pp 44-52
Miarso. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Huriyanti, Luthfi., dan Hastri Rosiyanti. 2017. “Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (1), pp: 65-76.
Rosiyanti, Hastri. 2015. “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Materi Transformasi Linier”. Jurnal Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 1 (2), pp 25-36
Rosiyanti, Hastri., dan Esti Wijayanti. 2015. “Implementasi Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Sikap Siswa”. Jurnal Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 1 (2), pp 37-44
Supriadi, 2015. “Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran”. Lantanida Journal. Vol 3 (2)
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekaan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).