PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENALARAN MATEMATIS PADA MATAKULIAH FUNGSI KOMPLEKS

Senja Putri Merona, Erika Eka Santi

Abstract


Kemampuan penalaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari matematika. Dalam pengembangan kemampuan penalaran matematika di perguruan tinggi, setiap matakuliah sebaiknya menyisipkan konten penalaran ini dalam materi yang disampaikan. Salah satu cara pengembangan kemampuan penalaran ini dalam matakuliah fungsi kompleks adalah dengan memasukkan indikator kemampuan penalaran matematis dalam asesmen yang dilakukan.   Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan instrumen asesmen penalaran matematis pada matakuliah fungsi kompleks dan (2) menghasilkan instrumen asesmen penalaran matematis pada matakuliah fungsi kompleks. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini adalah sebanyak 21 mahasiswa semester VI tahun akademik 2016/2017. Dari penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa proses pengembangan instrumen asesmen penalaran matematis pada matakuliah fungsi kompleks ini berdasarkan teori McKenney (dalam Plomp, 2010: 18-19), yaitu (1) penelitian pendahuluan, yaitu menganalisis situasi (konteks) dan kebutuhan, meninjau literatur untuk menetapkan indikator kemampuan penalaran matematis, dan mengembangkan kerangka kerja penelitian untuk menghasilkan instrumen asesmen penalaran matematis; (2) pembuatan prototype, yaitu mengembangkan instrumen penalaran matematis berdasarkan indikator yang telah ditetapkan, merevisi instrumen awal yang telah dikembangkan melalui penilaian ahli; dan (3) penilaian, yaitu menguji coba instrumen yang telah dikembangkan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa instrumen asesmen penalaran matematis valid, praktis, dan efektif.


Keywords


Instrumen, Asesmen, Penalaran matematis

Full Text:

PDF

References


Allen, M.J., & Yen, W.M. 1979. Introduction to Measurement Theory. Monterey, Mexico: Brooks/Cole Publishing Company.

Anisah, Zulkardi, dan Darmawijoyo. 2011. “Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5(1).

Arifin, Zaenal. 2017. “Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian”. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics, Vol 2(1), pp: 28-36.

Borg, W. dan Gall, M. 1983. Educational Research, An Introduction. Fourth Edition. New York & London: Longman.

Brodie, K, dkk. 2009. Teaching Mathematical Reasoning Secondary School Classroom. The Open University.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Indonesia Pusat Bahasa Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hapizah. 2014. “Pengembangan Instrumen Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial”. Jurnal Kreano, Vol. 5 (1), pp: 73 -81.

Hazlita, S, Zulkardi, dan Darmawijoyo. 2014. “Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Konteks Sumatera Selatan di Kelas IX SMP”. Jurnal Kreano, Vol. 5 (2), pp: 170-179.

Ilmiah. 2010. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Kemendiknas. 2012. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Permana, Y dan Sumarmo, U. 2007. “Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Educationist, Vol. 1 (2), pp: 116-123.

Plomp, Tjeerd. 2010. An Introduction to Educational Design Research. Netherlands: SLO.

Shadiq, F. 2004. Penalaran, Pemecahan masalah dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar tanggal 10 s.d. 23 Oktober 2004.

Suryadi. 2012. Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizqi.

Ubaidah, Nila. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Melalui Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition Berbantuan Buku Siswa Pada Materi Persamaan Trigonometri”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (1), pp: 11-22.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.113-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ