PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SMP SWASTA ISLAM DI TANGSEL

Venni Herli Sundi, Pinta Deniyanti Sampoerno, Lukman El Hakim

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan penyelesaian masalah siswa yang masih rendah serta ketertarikan, minat, dan sikap positif siswa terhadap matematika yang kurang, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematis dan disposisi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah factorial design 2 x 2 by level. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan penyelesaian masalah dan angket untuk mengukur disposisi matematis. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan penyelesaian masalah siswa yang belajar menggunakan model kooperatif TPS lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa, (3) terdapat perbedaan kemampuan penyelesaian masalah matematis antara siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang belajar dengan model kooperatif TPS dan model pembelajaran konvensional, (4) disposisi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif TPS lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional, (5) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap disposisi matematis siswa, (6) terdapat perbedaan kemampuan disposisi matematis antara siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif TPS dan model pembelajaran konvenisonal.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis, Disposisi Matematis.

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2007. Learning To Teach. New York: Mc Graw Hill Companies.

Chianson, Mimi Martha, O’kwu, Ijenkeli Emmanuel, Kurumeh, Mary

Seraphina. 2015. “Effect Of Think-Pair-Share Strategy On Secondary School Mathematics Students’ Achievement And Academic Self-Esteem In Fractions.” Issue 2 Feb-Mar AIJCSR. Vol. 2, pp:141-147.

Cooke, Audrey. 2015. “Considering Pre-service Teacher Disposition towards Mathematics.” Mathematics Education Research Group of Australasia, Inc. Vol. 17 (1), pp:1-11.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jonassen, D.H. & Grabowski, B.L. 1993. Handbook of individual differences, learning, and instruction. Part VII, Prior knowledge. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates.

Kadir. 2010. Statistika Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Rosetama Sampurna.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Memnum, Dilek Sezgin,. Hart, Lynn C., & Akkaya Recai. 2012 “A Research on the Mathematical Problem Solving Beliefs of Mathematics, Science and Elementary Pre-Service Teachers in Turkey in Terms of Different Variables.” International Journal of Humanities and Social Science. Vol 2 (24), pp:172-184.

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendiknas.

PISA. 2012. PISA 2012 Result in Focus, What 15-Year-Olds Know and What They Can do With What They Know. Paris: The Organitation for Economic Co-operation and Development Publications.

Polya, G. 2004. How to Solve It. Princeton: Princeton University Press.

Reigeluth, C. M. 1999. Instructional Design Theories and Models. London: Lawrence Erlbaum.

Sujarweni, V Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumarmo, Utari. 2012. Bahan Belajar Matakuliah Proses Berpikir Matematika. Bandung: Program S2 Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi.

_____________. 2012. Pendidikan Karakter Dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA UPI.

TIMSS. 2011. TIMSS 2011 International Result In Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center, 5-48.

Tint, San San & Ei Ei Nyunt. 2015. “Collaborative Learning With Think-Pair-Share Technique.” Computer Applications: An International Journal (CAIJ). Vol 2 (1), pp: 1-11.

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.

White, Dorothy Y. Eileen C. Murray Victor Brunaud-Vega. 2012. “Discovering Multicultural Mathematics Dispositions.” Journal of Urban Mathematics Education. Vol. 5 (1), pp: 31–43.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.131-144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ