PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Nurlaeli Nurlaeli, Anton Noornia, Eti Dwi Wiraningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 2 dan SMPN 76 Jakarta Pusat pada semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 71 orang. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan AQ terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran PBL lebih tinggi dari siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki AQ tinggi; (4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran PBL dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki AQ rendah.


Keywords


Problem Based Learning, Berpikir Kritis Matematis, Adversity Quotient.

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ennis, R. H. 1996. Critical Thinking. USA: Prentice-Hall, Inc.

Hosnan, M. .2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ismawati, A., Mulyono, dan N. Hindarto. 2017. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Problem Based Learning dengan Strategi Scaffolding ditinjau dari Adversity Quotient”. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol.6 (1), pp: 48-58.

Johnson, E. 2002. Contextual Teaching and Learning: what it is and why it’s here to stay. California: Corwin Press, Inc.

Novitasari, D. 2015. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) sebagai upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol.1 (1), pp: 43-56.

OECD. 2016. PISA 2015 Result (Volume 1): Excellence and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.

Sabandar, J. 2007. Berpikir Reflektif. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Sehari: Permasalahan Matematika dan Pendidikan Matematika Terkini. UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Sianturi, A., Sipayung, T.N., Simorangkir, F.M.A. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul”. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), pp: 29-42.

Stoltz, P.G. 2005. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Edisi Keenam, Jakarta: Grasindo.

Suherman, E. 2008. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sunandar, M.A., Zaenuri, Dwidayati, N.K. 2018. “Mathematical Problem Solving Ability of Vocational School Students on Problem Based Learning Model Nuanced Ethnomatematics reviewed from Adversity Quotient”. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol.7(1), pp:1-8.

Tobing, D. U. L., Isjoni, B., Ibrahim. 2016. Application Problem Based Learning Model to Improve Students Learning Outcomes of Class VII A in Social Sciences Subjects in SMPN 4 Mandau. [Online] Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications /200421-penerapan-model-pembelajaran-problem-bas.pdf. [2 Juni 2018].




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.145-154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ