DESAIN BAHAN AJAR KOMPUTASI MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE MATHEMATICA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

Abdul Baist, Muhammad Arie Firmansyah, Aan Subhan Pamungkas

Abstract


Dasar analisis numerik modern pada saat ini adalah komputasi matematika. Kemampuan penyelesaian permasalahan matematika melalui komputasi matematika perlu dimiliki mahasiswa saat ini. Fakta yang ditemukan di lapangan bahwa sebagian besar mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang mendapatkan nilai kurang dari B   pada mata kuliah Komputasi Matematika. Kebutuhan bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari komputasi matematika secara mandiri sangat diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Kemudahan yang dimiliki oleh software Mathematica dipilih dan digunakan dalam bahan ajar berbantuan software tersebut untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari komputasi matematika secara mandiri. Hasil pengujian ahli didapat skor 80%. Hasil pengujian skala kecil didapat skor 90%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah   bahan ajar komputasi matematika berbantuan software Mathematica untuk mengembangkan kemandirian mahasiswa penggunaannya masuk dalam kategori layak.

Keywords


bahan ajar; , software Mathematica; kemandirian

Full Text:

PDF

References


Abell, M.L., dan Braselton, J.P. 2004. Mathematica by Example. California: Elsevier Academic Press.

Baist, A., dan Pamungkas, A., S. 2017. “Analysis of Student Difficulties in Computer Programming”. Volt Jurnal Ilmiah Pendidikan Elektro. Vol. 2 (2), pp: 81-92.

Cheng, E. C. K. 2011. “The Role of Self-regulated Learning in Enhancing Learning Performance”. The International Journal of Research and Review. Vol. 6 (1), pp: 1-16.

Fadillah, A., dan Baist, A. 2017. “Hubungan Motivasi dan Perilaku Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi”. Prima Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 (1), pp: 43-48.

Nurhayati, N. 2017. “Pengembangan Perangkat Bahan Ajar pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (2), pp: 121-136.

Nurseto, T. 2011. “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik”. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 8 (1), pp: 19-35.

Pannen, Paulina, dan Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional Ditjen Dikti Diknas.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovaif. Jogjakarta: Diva Press.

Riduwan. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ruseffendi, E.T. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Yang, Xin-She. 2015. Introduction to Computational Mathematics. London: World Sientific Publishing.

Zotos, Kostas. 2007. Performance comparison of Maple and Mathematica. Applied Mathematics and Computation. Vol. 188 (2), pp: 1426-1429.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.29-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ