PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DHARMA KARYA UT

Hastri Rosiyanti, Ghufron Kamil

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini didasari oleh rendahnya motivasi belajar siswa SMP Kelas VIII-1 Dharma Karya UT pada mata pelajaran matematika, yaitu sebagian besar indikator motivasi belajar tidak mencapai 75%. Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas guna meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan lembar kerja siswa. Penggunaan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan lembar kerja siswa dilakukan pada proses pembelajaran di kelas. Desain penelitian ini mengacu pada proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas model Kemmis&Taggart. Waktu penelitian dilakukan selama 1 bulan dari observasi hingga dua siklus. Pada saat observasi, peneliti melakukan pre test dengan menyebarkan instrumen angket di hari pertama dan melakukan wawancara di hari kedua. Hasil pre-test menunjukkan bahwa 37,5% dari banyaknya indikator motivasi belajar siswa mencapai indikator keberhasilan dan hasil motivasi belajar 70,5%. Selama dilakukannya penggunaan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan lembar kerja siswa, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus 1 menunjukkan bahwa 62,5% dari banyaknya indikator motivasi belajar siswa mencapai indikator keberhasilan dan hasil motivasi belajar 81,5%. Pada siklus 2 menunjukkan bahwa 100% dari banyaknya indikator motivasi belajar siswa mencapai indikator keberhasilan dan hasil motivasi belajar 90,33%.


Keywords


Lembar Kerja Siswa, Metode Penemuan Terbimbing, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Fadillah, Ahmad. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 1(2), pp: 1-12.

Fauziah, L.U., Hobri., dan Oktavianingtyas, E. 2016. “Penalaran Logis dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember”. Jurnal Edukasi. Vol. III (1), pp: 15-17.

Inda, D.H. 2017. “Keefektifan Model Aptitude Treatment Interaction dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri”. Prosiding. Dalam: , Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2017, pp: PM751-PM758.

Putri, F.M. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dasar Jurusan Non Eksak”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 2(1), pp:44-52.

Rosiyanti, Hastri. 2016. “Penggunaan Software LINDO dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Matematika Angkatan 2013 pada Mata Kuliah Program Linier”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 2(2), pp: 19-27.

Sumar, W.T., 2016. Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.155-160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ