ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI DALAM TARIAN TRADISIONAL PADA PEMBUKAAN ASIAN GAMES 2018

Maryati Maryati, Wira Pratiwi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi hubungan antara matematika dengan budaya, khususnya dalam tarian tradisional pada pembukaan Asian Games 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi yang merupakan sebuah pendekatan empiris dan teoritis untuk mendapatkan gambaran dan analisis mendalam tentang sebuah budaya berdasarkan catatan lapangan yang telah diperoleh dari hasil pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tarian tradisional pada pembukaan Asian Games 2018 yaitu tari Saman memiliki berbagai konsep matematika, seperti konsep bangun datar dan himpunan. Oleh karena itu, tarian tradisional ini dapat digunakan sebagai starting point atau konteks dalam pembuatan desain pembelajaran untuk anak sekolah dasar maupun sekolah menengah. Selain itu, dapat mengubah paradigma anak dan masyarakat bahwa matematika memiliki hubungan dengan aktivitas sehari-hari dan matematika memiliki hubungan dengan budaya serta dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan.

Keywords


etnomatematika; tarian tradisional; etnografi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. S. 2017. “Ethnomathematics in perspective of sundanese culture”. Journal on Mathematics Education, Vol. 8 (1), pp: 1-16.

Alunaza SD, H. A. R. D. I. 2014. Analisa Diplomasi Budaya Indonesia Melalui Tari Saman Gayo dalam Mengukuhkan Identitas Nasional Bangsa (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., Rahmat, C., dan No, J. D. S. 2014. “Study of Ethnomathematics: A lesson from the Baduy Culture”. International Journal of Education and Research, Vol. 2 (10), pp: 681-688.

Dahlan, J. A., Permatasari, R. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama”. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 2 (1), pp: 133-150.

Haryanto, et. all. 2017. “Ethnomathematics arfak (West Papua-Indonesia: Numeracy of Arfak”. International Journal of Scientific & Technology Research, Vol. 6 (9), pp: 325-327.

Kusuma, D. A., et al. 2016. “The role of ethnomathematics in West Java (A preliminary analysis of case study in Cipatujah)”. Journal of Physics: Conf. Series 893.

Maryati & Prahmana, R.C.I. 2018. “Ethnomathematics: Exploring the Activities of Designing Kebaya Kartini”. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Vol. 6 (1), pp: 11-19.

Prahmana, R. C. I. 2017. Design research (Teori dan implementasinya: Suatu pengantar). Jakarta: Rajawali Pers.

Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., dan Ismah, I. 2017. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-Ghazali Kelas VIII”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 3 (1), pp: 45-52.

Putri, L. I. 2017. “Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI”. Jurnal Pendas, Vol. 4(1).

Rahmadiana, N. S. 2017. Nilai Etika Dan Estetika Tari Ratoeh Jaroe pada Masyarakat Aceh di Kota Langsa (Doctoral dissertation, UNIMED).

Risdiyanti, I., dan Prahmana, R. C. I. 2018. “Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa”. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, Vol. 2 (1), pp: 1-11.

Rohayati, S., Karno, K., dan Chomariyah, W. I. 2017. Identifikasi Etnomatematika pada Masjid Agung di Yogyakarta.

Rosa, M. dan Orey, D. C. 2011. “Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics”. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, Vol. 4 (2). pp: 32-54.

Sinambela, P. N. 2017. “Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran”. Generasi Kampus, Vol. 6(2).

Siregar, N. 2017. Relevansi Nilai-Nilai Tari Saman Terhadap Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS. Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM.

Sudirman, S., Rosyadi, R., dan Lestari, W. D. 2017. “Penggunaan Etnomatematika pada Karya Seni Batik Indramayu dalam Pembelajaran Geometri Transformasi”. Journal of Mathematics Education, Vol. 2 (1).

Vasquez, E. L. 2017. “Ethnomathematics as an Epistemological Booster for investigating Culture and Pedagogical Experience with the Young Offender or Prison School Communities”. Journal of Education and Human Development, Vol. 6 (2), pp: 117-127.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.23-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ