ANALISIS KESALAHAN SISWA DENGAN GAYA KOGNITIFF REFLEKTIF PADA MATERI SEGIEMPAT BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Abdussakir. 2009. “Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 2(1), pp: 1-13.
Astriyani, A. 2016. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 2 (1), pp: 23-30.
Amperawan, I. W., Pujawan, I. G. N., & Suarsana, I. M. 2018. “Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara PMR dan PBM pada Materi Geometri SMP Kelas VII”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 4 (1), pp: 47-60.
Depdiknas. 2006. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP & MTs. Jakarta: Depdiknas.
Firestone, Philip. 1977. “The Effects of Verbal and Material Rewards and Punishers on the Performance of Impulsive and Reflective Children”. Child Study Journal. Vol 7 (2), pp: 71-78.
Mustakim. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Segiempat Melalui Model Pembelajaran ELPSA Dengan Permainan KSD Bagi Siswa Kelas VII A SMP N 2 Patean Kendal Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan. Vol. 17 (1), pp: 22-44.
Puspita, Apriska. Y. A. dan Pradnyo Wijayanti. 2016. “Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3 (5), pp: 17-26.
Rahardjo, Marsudi dan Astuti Waluyati.2011. Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar.Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Warli. 2010. Kemampuan Matematika Anak Reflektif dan Anak Impulsif. Prosiding. 30 Januari 2010. Universitas Muhammadiyah Malang
White, A. L. 2010. “Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis”. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia. Vol. 33(2), pp: 129-148.
Widadah, Soffil, Dian Septi N. A., dan Suroto. 2013. “Profil Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif”. Jurnal Pendidikan Matematika. pp: 13-24.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.129-140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |