ANALISIS KESALAHAN SISWA DENGAN GAYA KOGNITIFF REFLEKTIF PADA MATERI SEGIEMPAT BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA)

Nurina Happy, Zulfa Faiqotun Alfin, Agung Handayanto

Abstract


Kesulitan yang dialami peserta didik dalam mata pelajaran matematika dapat dilihat dari masih banyaknya peserta didik yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal matematika, terutama soal yang berbentuk cerita. Banyaknya kesalahan yang dilakukan peserta didik itu menandakan bahwa dia belum menguasai materi tersebut. Peneliti berpikir bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik itu perlu dianalisis lebih lanjut agar memperoleh gambaran yang jelas dan rinci atas kelemahan-kelemahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA). Ada 5 tahapan Newman antara lain: (1) reading error, (2) comprehension error, (3) transformation error, (4) proces skill error, (5) encoding error. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Brangsong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah segiempat berdasarkan Newman Error Analysis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes gaya kognitif MFFT (Matching Familiar Figures Tes), (2) tes kemampuan pemecahan masalah materi segiempat, (3) pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara kepada masing-masing subjek. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa yang bergaya kognitif reflektif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi segiempat cenderung melakukan kesalahan pada tahap transformasi, kemampuan memproses, dan penulisan jawaban (2) Siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif cenderung melakukan kesalahan menuliskan rumus, tidak urut dalam mengerjakan langkah-langkah penyelesaian, tetapi siswa reflektif mampu menjelaskan maksud dari rumus yang dia tulis, serta mampu mampu memperbaiki kesalahannya dengan benar.

Keywords


Analisis Kesalahan, Newman, Segiempat, Gaya Kognitif.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdussakir. 2009. “Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 2(1), pp: 1-13.

Astriyani, A. 2016. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 2 (1), pp: 23-30.

Amperawan, I. W., Pujawan, I. G. N., & Suarsana, I. M. 2018. “Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara PMR dan PBM pada Materi Geometri SMP Kelas VII”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 4 (1), pp: 47-60.

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP & MTs. Jakarta: Depdiknas.

Firestone, Philip. 1977. “The Effects of Verbal and Material Rewards and Punishers on the Performance of Impulsive and Reflective Children”. Child Study Journal. Vol 7 (2), pp: 71-78.

Mustakim. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Segiempat Melalui Model Pembelajaran ELPSA Dengan Permainan KSD Bagi Siswa Kelas VII A SMP N 2 Patean Kendal Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan. Vol. 17 (1), pp: 22-44.

Puspita, Apriska. Y. A. dan Pradnyo Wijayanti. 2016. “Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3 (5), pp: 17-26.

Rahardjo, Marsudi dan Astuti Waluyati.2011. Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar.Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Warli. 2010. Kemampuan Matematika Anak Reflektif dan Anak Impulsif. Prosiding. 30 Januari 2010. Universitas Muhammadiyah Malang

White, A. L. 2010. “Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis”. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia. Vol. 33(2), pp: 129-148.

Widadah, Soffil, Dian Septi N. A., dan Suroto. 2013. “Profil Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif”. Jurnal Pendidikan Matematika. pp: 13-24.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.129-140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ