PENGEMBANGAN MODEL PAIR CHECK UNTUK MENGHINDARI MIND IN CHAOS SISWA KELAS X TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nenden Suciyati Sartika, Susti Rahmah Yulita S

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran Pair Check yaitu pembelajaran kooperatif  yang merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, selain untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar, mengoptimalkan pembagian kerja dalam kelompoknya, model ini dikembangkan untuk menghindari terjadinya mind in chaos, suatu kesan negatif yang dibiarkan terjadi sejak mereka masih kecil, yang pada akhirnya hingga dewasa kesan negatif tersebut, yang menyatakan bahwa matematika itu sulit dan menakutkan tetap menetap pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Hasil penelitian adalah model Pair Check untuk menghindari Mind In Chaos pada pembelajaran matematika sehingga memberikan pengalaman dan kesan positif siswa terhadap matematika. Desain dan implementasi dari penelitian ini diharapkan menjadi salah satu referensi perkuliahan pada program studi Pendidikan Matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Mathla’ul Anwar Banten.


Keywords


Research and Development, Mind in Chaos, Pair Check

Full Text:

PDF

References


Fathurohman, dkk. 2008. “Mengembangkan Board Game Labirin Matematika Bagi Siswa Rendah Guna Menghindari Mind In Chaos Terhadap Matematika”. Makalah Dalam: Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 16 Mei 2009.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhayati, Nunu. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kontekstual melalui Metode Guide Discovery untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 3 (1), pp: 31-44.

Rusefendi.2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.97-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ