ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR EDUCATIONAL STATISTICS BERBASIS COOPERATIVE LEARNING

Dwi Astuti

Abstract


Mata kuliah statistika pendidikan menjadi salah satu bekal mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Saat ini, sudah banyak ditemukan buku tentang statistika, tetapi perlu dianalisis kesesuaian dengan kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar statistika khusus dalam bidang pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 98 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa perlu dikembangkan bahan ajar statistika khusus dalam bidang pendidikan. Bahan ajar yang dikembangkan memfasilitasi mahasiswa agar dapat mempelajari contoh-contoh penerapan statistika dalam bidang pendidikan, bahan ajar dikembangkan berdasarkan prinsip pembelajaran cooperative learning sehingga kerjasama antar mahasiswa akan terbentuk, bahan ajar yang dikembangkan merupakan bahan ajar yang interaktif. Bahan ajar yang dikembangkan akan diuji coba pada tahap berikutnya.

Keywords


bahan ajar, educational statistika, cooperative learning

Full Text:

PDF

References


Arlitasari, O., Pujiyanto, Budiharti, R. 2013. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternative Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika (11): 82.

Arends, R.I & Kilcher, A. 2010. Teaching for Student Learning: Becoming an Accumplhised Teacher. New York: Published in the Taylor & Francis e- Library

Douglas, F., Frey, N., & Eferlove, S. 2009. Productive Group Work. Scott Willis: ASCD Alexandria, Virginia USA

Muhaimin, Sutiah, & Sugeng. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Nurhuda, Lukito, and Masriyah. (2018). Effectiveness of Cooperative Learning Instructional Tools with Predict-Observe-Explain Strategy on the Topic of Coboid and Cube Volume. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 947 (2017) 012052

Putri, Finola M. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dasar Layanan Jurusan Non Eksak”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 2 (1), pp: 44-52.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. London: Allyn and Bacon.

Zakaria, E., Chin, L.C., & Daud, Y. 2010. The Effects of Cooperative Learning on Students’ Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics. Journal of Social Sciences 6 (2): 272-275, 2010 ISSN 1549-3652

Zakaria, E, & Iksan, Z. 2007. Promoting Cooperative Learning in Science and Mathematics Education: A Malaysian Perspective. Eurasia Journal Math. Sci. & Tech. Ed., 3(1), 35-39 tahun 2007




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.183-188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ