PENGARUH SOFTWARE MATLAB TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINIER

Erna Puji Astutik, Sri Rahmawati Fitriatien

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimen menggunakan dua kelas sebagai sampel penelitian. Dua kelas yang digunakan adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya kelas 2016A sebagai kelompok kelas eksperimen dan 2016B sebagai kelompok kelas kontrol. Tujuan dari penelitian iniuntuk mengetahui pengaruh penggunaan software MATLAB terhadap kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam menyelesaikan masalah program linier. Untuk menguji keberhasilan mahasiswa dalam menggunakan software MATLAB guna menyelesaikan masalah program linear sesuai dengan masing-masing kemampuan mahasiswa, peneliti menggunakan angket respon mahasiswa yang kemudian dilakukan validasi dan kevalidan hasil melalui uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari penerapan software MATLAB terhadap kemampuan mahasiswa di kelas 2016A dan 2016B program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam menyelesaikan masalah program linier. Hal ini terlihat dari hasil uji Mann Whitney untuk nilai U sebesar 308.500 dengan nilai sig.(p-value) sebesar 0.000 < 0.05. Selain itu, melalui penerapan software MATLAB dalam pembelajaran program linier di program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memperoleh respon positif yang terlihat dari respon mahasiswa merasa senang dengan adanya penerapan software MATLAB, mahasiswa memahami dan dapat menggunakan software MATLAB untuk menyelesaikan masalah program linier, serta mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah program linier menggunakan software MATLAB.


Keywords


pengaruh, software MATLAB, penyelesaian masalah, program linier

Full Text:

PDF

References


Astutik, E.P., Fitriatien, S.R. 2016. Metode Statistika. Surabaya: Adi Buana University Press.

Indriani, Suyitno, Mashuri. 2013. “Analisis Metode Karmarkar untuk Menyelesaikan Masalah Program Linier”. Jurnal MIPA. Vol. 36 (1), pp:98-106.

Novita, Dian. 2016. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interkatif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 2 (2), pp: 8-18.

Rosiyanti, Hastri. 2016. “Penggunaan Software LINDO dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajara Mahasiswa Matematika Angkatan 2013 pada Mata Kuliah Program Linier”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 2 (2), pp: 19-27.

Sobiruddin, D. 2015. “Penerapan Software Matlab terhadap kemampuan Menyelesaikan Masalah Numerik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol. 8 (1), pp: 24-32.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulfikarijah, F. 2004. Operation Research. Malang: Bayumedia Publishing.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.175-182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ