FUNGSI CANTOR-LEBESGUE DAN HIMPUNAN TERUKUR LEBESGUE

Elin Herlinawati

Abstract


Ukuran Lebesgue diperkenalkan oleh Henri Leon Lebesgue. Ukuran ini memetakan aljabar ke - ke[0, ~] .  Hal ini menunjukkan suatu himpunan dapat berukuran Lebesgue positif atau nol. Salah satu himpunan yang mempunyai ukuran Lebesgue nol adalah himpunan Cantor yang faktanya termasuk kedalam himpunan tak terhitung. Artinya, ukuran Lebesgue tidak menyatakan banyaknya anggota di dalam suatu himpunan. Lebih jauh lagi, Teorema Vitali menjamin adanya himpunan yang tidak terukur Lebesgue. Pencarian suatu fungsi yang dapat memetakan suatu himpunan terukur kedalam himpunan yang tidak terukur mejadi fokus pada artikel ini. Fungsi ini diperoleh dengan menjumlahkan fungsi Cantor dengan fungsi linear. Karena ukuran yang digunakan adalah ukuran Lebesgue, maka fungsi ini disebut sebagai fungsi Cantor-Lebesgue. Kemudian, artikel ini juga membahas suatu fungsi kontinu yang memetakan himpunan terukur Lebesgue kedalam himpunan yang tidak terukur Lebesgue. 


Keywords


himpuanan Cantor, fungsi Cantor-Lebesgue, ukuran Lebesgue.

Full Text:

PDF

References


Royden, H.L. dan Fitzpatrick, PM. (2010). Real Analysis Fourth Edition. China Machine Press.

Fleron, J.F. (1994). A note on the History of the Cantor Set and Cantor Function. Mathematics Magazine Vol.67 No.2 halaman 136-140.

Dovgoshey,O., Martio,O., Ryazanov, V., Vuorinen,M. (2006). The Cantor Function. Expositiones Mathematicae Vol, 24 hal: 1-37.

Zaanen, C.A. (1986). Continuity of Measurable Functions. The American Mathematical Monthly Vol 93 No 2 hal:128-130.

Franks, J. 2009. Notes on Measure and Integration. Departement of Mathematics, Northwestern University.

Corin, EA., Kukushkin, HN. 2004. Integrals related to the Cantor Function. St. Petersburg Math Journal Vol 15 No 3 hal 449-468.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.99-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ