PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.125-132Keywords:
Takosonomi Solo, pemecahan masalah, gaya kognitifAbstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota tangerang, kami ingin menguji kemampuan pemecahan masalah aljabar dengan menggunakan taksonomi solo ditinjau dengan gaya kognitif. Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Pertanyaan yang kami berikan sesuai dengan indikator pemecahan masalah dan hasil jawaban akan dipilih sesuai dengan tingkatan dalam taksonomi tunggal. Pelajaran dilakukan dengan menggunakan 6 siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD. Gaya kognitif dibagi dengan menggunakan tes geft terlebih dahulu. Data tersebut akan dijelaskan secara deskriptif kualitatif sesuai dengan data yang ditemukan.References
Appulembang, O. D. 2017. Profil Pemecahan Masalah Aljabar Berpaduan Pada Taksonomi Solo Ditinjau dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo Siswa SMA Negeri 1 Makale Tana Toraja. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education , 135.
Basir, M. A. 2015. Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP UNISSULA 2015 Volume 3 Nomor1 , 109.
Particia Lusi Malissa, Suradi Tahmir, Ilham Miggi. 2015. Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo Ditinjau Gaya Kognitif dan Gender. 2.
Risma Firda Diana, Edy Bambang Irawan, & Susiswo. 2017. Proses Koneksi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, Vol 1 (1), 54.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).