PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING MATERI POLA BILANGAN SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KECEMASAN SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Rahmita Nurul Muthmainnah, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecemasan siwa terhadap mata pelajaran matematika khususnya materi pola dan barisan bilangan melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) / classroom action research. Desain peneltian PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri atas 4 tahapan kegiatan yaitu: (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan kegiatan (action); (3) pengamatan (observation); dan (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah murid kelas VIII-3 SMP Negeri 3 Tangerang Selatan yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur tingkat kecemasan siswa terhadap mata pelajaran matematika. Hasil penelitian didapat bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning / penemuan terbimbing dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa kelas VIII-3 SMPN 3 Tangerang Selatan terhadap mata pelajaran matematika materi pola dan barisan bilangan. Penurunan yang signifikan terkait tingkat kecemasan siswa tehadap mata pelajaran matematika terlihat pada data pra siklus 100% siswa mengalami kecemasan terhadap mata pelajaran matematika, dengan tingkat kecemasan di atas 51. Selanjutnya pada siklus 1 tingkat kecemasan menurun menjadi 80% dan turun kembali pada siklus 2 menjadi 34.3% siswa yang mengalami kecemasan dengan tingkat kecemasan di atas 51.

Keywords


discovery learning, kecemasan matematik, mathematics anxiety, pola bilangan

Full Text:

PDF

References


Ashcraft, M. H. 2002. “Math Anxiety: Personal, Educational and Cognitive Consequences”. Current Directions in Psychological Science, 11 (5).

Atikah. 2011. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kecemasan Orang Tua akan Keselamatan Remaja. Fakultas Psikologi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Darajat, Z. 2001. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

Gunarsa, S.D. 2001. Psikologi Anak Bermasalah. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Joseph, A. (2016). Definition of Math Anxiety. (Online). (http://www.ehow.com/facts_5666297_definition-math-anxiety.html

Mawaddah, S. dan Maryanti, R. 2016. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning)”. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 4 (1), hal 76-85.

Sukmadinata, N. S. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.189-194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ