PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Nur Indah Larasati, Nurbaiti Widyasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa melalui media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dalam hal gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah The One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Cirendeu 01 sebanyak 202. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Dimana instrumen tes berbentuk tes kemampuan pemahaman matematis dan non-tes dengan angket gaya belajar dan observasi. Analisis data kemampuan pemahaman matematis siswa dilakukan dengan uji One Way Anova menggunakan SPSS 16. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji ANOVA satu jalur dengan nilai signifikansi penggunaan AR sebesar 0,065. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran AR dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa tetapi tidak ada perbedaan dalam gaya belajar siswa

Keywords


Augmented Reality, Kemampuan Pemahaman Matematis, Gaya Belajar.

Full Text:

PDF

References


Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–78. https://doi.org/10.22342/JPM.11.1.3890.67-78

Atmajaya, D. (2017). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2016). PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2), 128164. https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307

Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berfikit Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 54–66. Diambil dari https://www.google.com/search?q=Muhassanah%2C+N.A.%2C+Sujadi%2C+I.%2C+Riyadi

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System Of Instruction. Jurnal “Mosharafa,” 5(1), 10–17.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1–8. Diambil dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/4800

Sutikno, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran upaya kreatif dalam mewujudkan pembelajaran yang berhasil. Lombok: Holistica.

Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Widyasari, N., & Hayyun, M. (2017). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Widyasari, N., & Soptianingrum, M. (2019). Enhancing Students’ Mathematical Unerstanding of Three Dimension Through PABARU Tools Aid. In Educational Initiatives Research Colloquium: (hal. 82–83).




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.45-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ