ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.85-96Keywords:
kemampuan koneksi matematis, bangun ruang sisi datar, perbedaan jenis kelaminAbstract
Melalui mata pelajaran matematika, siswa diminta untuk mempunyai kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis siswa perempuan dan laki-laki berbeda. Berdasarkan faktanya, pada saat pembelajaran, banyak siswa yang sukar untuk mengaitkan konsep pada saat ini dengan konsep yang sebelumnya. Konsep-konsep yang sebelumnya sudah mereka lupakan, sehingga kemampuan koneksi matematis siswa kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin pada siswa kelas IX melalui materi bangun ruang. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang menggunakan empat subyek siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jakarta. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa kemampuan koneksi matematis siswa laki-laki dan perempuan berbeda. Kemampuan koneksi matematis siswa laki-laki memperoleh total skor 37,5% dan kemampuan koneksi matematis siswa perempuan memperoleh total skor 75%.References
Abidin, Zaenal. 2020. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi,Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37-52.
Endayanti, T., dan Rahmawati, I. (2019). Analisis Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013 Revisi Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).
Rosyaadah, Kautsar, Tahriiz., dan Susanah. 2018. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Terkait dengan Materi Kubus dan Balok Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), pp: 571.
Sudirman. 2017. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Riset Kuantitatif Terapan 2017, 1(1), pp: 137
Suherman, Erman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Wirayanti dan Muksar. 2016. Deskripsi Koneksi Matematis Siswa SMK Kelas XI dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).