ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

Nurul Afikah Nasution, Hastri Rosiyanti, Ismah Ismah

Abstract


Melalui mata pelajaran matematika, siswa diminta untuk mempunyai kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis siswa perempuan dan laki-laki berbeda. Berdasarkan faktanya, pada saat pembelajaran, banyak siswa yang sukar untuk mengaitkan konsep pada saat ini dengan konsep yang sebelumnya. Konsep-konsep yang sebelumnya sudah mereka lupakan, sehingga kemampuan koneksi matematis siswa kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin pada siswa kelas IX melalui materi bangun ruang. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang menggunakan empat subyek siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jakarta. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa kemampuan koneksi matematis siswa laki-laki dan perempuan berbeda. Kemampuan koneksi matematis siswa laki-laki memperoleh total skor 37,5% dan kemampuan koneksi matematis siswa perempuan memperoleh total skor 75%.


Keywords


kemampuan koneksi matematis, bangun ruang sisi datar, perbedaan jenis kelamin

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zaenal. 2020. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi,Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37-52.

Endayanti, T., dan Rahmawati, I. (2019). Analisis Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013 Revisi Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).

Rosyaadah, Kautsar, Tahriiz., dan Susanah. 2018. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Terkait dengan Materi Kubus dan Balok Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), pp: 571.

Sudirman. 2017. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Riset Kuantitatif Terapan 2017, 1(1), pp: 137

Suherman, Erman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Wirayanti dan Muksar. 2016. Deskripsi Koneksi Matematis Siswa SMK Kelas XI dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.85-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ