PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI POKAMATHH PADA MATERI ALJABAR KELAS VII

Vina Dwi Astuti, Rahmita Nurul Muthmainnah, Hastri Rosiyanti

Abstract


Tujuan dari pengembangan media POKAMATH ini adalah untuk menguji kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran dengan menggunakan metode ADDIE yaitu: (1) Analisis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang fokusnya siswa di dalam kelas pada saat guru menjelaskan di depan kelas. Kevalidan media di uji oleh 3 validator yaitu, ahli media, ahli materi dan ahli bahasa serta untuk kepraktisan media di berikan angket respon siswa dengan subjek penelitian adalah siswa SMPN 13 Tangerang Selatan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari skor akhir penilaian kevalidan dimulai dari materi, media dan bahasa mendapat skor akhir 100% dengan kategori sangat valid dan untuk siswa pada uji coba kelas kecil mendapat skor akhir kepraktisan 89% dengan kategori sangat praktis. Oleh sebab itu media POKAMATH yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan oleh siswa


Keywords


Media Pembelajaran, Permainan Berbasis Power Point, Aljabar

Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Cahyani, D., Nelmira, W., Studi, P., Kesejahteraan, P., Ilmu, J., Keluarga, K., & Padang, U. N. (2020). Jurnal Pendidikan, Busana, Seni, dan Teknologi. 02(01), 31–38.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Lestari, I. D., Halimatusha’diah, H., & Puji Lestari, F. A. (2018). Penggunaan Media Audio, Visual, Audiovisual, dalam Meningkatkan Pembelajaran kepada Guru-guru. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(01), 55. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2361

Monemi, R., Lufri, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Disertai Games Kuis Course Maze Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Peserta Didik Kelas Viii Smp Developing Interactive Multimedia Based on Power Point With Course Maze Games Kuis About Excretion Syste. Berkala Ilmiah Bidang Biolog, 1(2), 252–261.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nugraheni, N. (2017). Implementasi Permainan Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Journal of Medives, 1(2), 142–149. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Pribowo, F. S. P. (2018). Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 1–12. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/download/1355/1153

Purba, R. A., Tamrin, A. F., Bachtiar, E., Makbul, R., Rofiki, I., Metanfanuan, T., ... & Ardiana, D. P. Y. (2020). Teknologi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sari, K. W., Saputro, S., & Hastuti, B. (2014). Media pembelajaran digunakan untuk membantu memvisualkan bahan ajar yang bersifat abstrak dan juga membuat proses pembelajaran lebih menarik. Salah satu mata pelajaran wajib kurikulum sekolah adalah mata pelajaran kimia. Namun, sebagian besar siswa masih . Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(2), 96–104.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Metode Penelitian.

Ulya, H., Laily, N. H., & Hakim, M. L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pai dengan Menggunakan Video Explanasi, Pop Up dan Kahoot. Edudeena, 4(1), 39–48.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ