PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULATIKA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL

Akmal Ramadhan, Arlin Astriyani, Hastri Rosiyanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang cenderung menggunakan metode konvensional dimana belum ada kombinasi antara penggunaan metode dengan media pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran ULATIKA pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan proses pembuatan serta menguji kelayakan media pembelajaran ular tangga dengan melakukan uji kelas besar dan uji kelas kecil kepada siswa kelas 10. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model ADDIE dengan subjek penelitiannya adalah validator, 4 siswa kelas X-IPS-1, dan 31 siswa kelas X-IPA-3. Analisis materi yang didapat adalah mengenai mata pelajaran matematika wajib pada materi kelas 10, yaitu persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel. Analisis media yang didapat adalah siswa merasa jenuh karena proses pembelajaran tidak pernah menggunakan media pembelajaran, maka hadirlah media pembelajaran Ular Tangga Matematika atau disingkat menjadi ULATIKA. Hasil dari tahap desain adalah dengan menggambar desain langsung menggunakan aplikasi Adobe Illustrator, Corel Draw, dan Microsoft Word untuk desain media pembelajaran ULATIKA, kartu soal, dan kartu kesempatan.Media Pembelajaran yang sudah dibuat akan divalidasi oleh validator materi dan media oleh dosen pendidikan matematika FIP UMJ 100% dan validasi bahasa guru bahasa Indonesia SMAN 12 Kota Tangerang Selatan 98%. Hasil dari tahap implementasi adalah uji kelas kecil sebesar 92% dan uji kelas besar sebesar 81,41%. Hasil dari tahap evaluasi adalah hasil akhir yang menyatakan media ini layak dan tidak direvisi dan hasil dari uji kelas kecil dan uji kelas besar yang menyatakan media ini layak digunakan.


Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran; Ular Tangga Matematika; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Ariany, Riva Lesta., Hidayat, Ara., dan Widiastuti, T. Tutut. 2021. Pengembangan RTA yang Andal dan Valid Untuk Calon Guru Matematika. Jurnal Fibonacci: Jurnal pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 7. No.2.

Baiquni, Imam. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Metematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Vol.1. No.2

Kristen, U., Wacana, S., dan Address, C. 2018. The Development of MOSIRI (Geometry Transformation Module) for High School Students Emeralda. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 121–134.

Purwono, U. 2008. Deskripsi Butir Penilaian Ahli Materi. Pembelajaran Matematika, pp: 106–145.

Setyosari, P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Grup




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.97-108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ