PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULATIKA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.97-108Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran, Ular Tangga Matematika, ADDIEAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang cenderung menggunakan metode konvensional dimana belum ada kombinasi antara penggunaan metode dengan media pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran ULATIKA pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan proses pembuatan serta menguji kelayakan media pembelajaran ular tangga dengan melakukan uji kelas besar dan uji kelas kecil kepada siswa kelas 10. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model ADDIE dengan subjek penelitiannya adalah validator, 4 siswa kelas X-IPS-1, dan 31 siswa kelas X-IPA-3. Analisis materi yang didapat adalah mengenai mata pelajaran matematika wajib pada materi kelas 10, yaitu persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel. Analisis media yang didapat adalah siswa merasa jenuh karena proses pembelajaran tidak pernah menggunakan media pembelajaran, maka hadirlah media pembelajaran Ular Tangga Matematika atau disingkat menjadi ULATIKA. Hasil dari tahap desain adalah dengan menggambar desain langsung menggunakan aplikasi Adobe Illustrator, Corel Draw, dan Microsoft Word untuk desain media pembelajaran ULATIKA, kartu soal, dan kartu kesempatan.Media Pembelajaran yang sudah dibuat akan divalidasi oleh validator materi dan media oleh dosen pendidikan matematika FIP UMJ 100% dan validasi bahasa guru bahasa Indonesia SMAN 12 Kota Tangerang Selatan 98%. Hasil dari tahap implementasi adalah uji kelas kecil sebesar 92% dan uji kelas besar sebesar 81,41%. Hasil dari tahap evaluasi adalah hasil akhir yang menyatakan media ini layak dan tidak direvisi dan hasil dari uji kelas kecil dan uji kelas besar yang menyatakan media ini layak digunakan.References
Ariany, Riva Lesta., Hidayat, Ara., dan Widiastuti, T. Tutut. 2021. Pengembangan RTA yang Andal dan Valid Untuk Calon Guru Matematika. Jurnal Fibonacci: Jurnal pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 7. No.2.
Baiquni, Imam. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Metematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Vol.1. No.2
Kristen, U., Wacana, S., dan Address, C. 2018. The Development of MOSIRI (Geometry Transformation Module) for High School Students Emeralda. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 121–134.
Purwono, U. 2008. Deskripsi Butir Penilaian Ahli Materi. Pembelajaran Matematika, pp: 106–145.
Setyosari, P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Grup
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).