ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA MATA KULIAH PROGRAM LINIER

Ririn Widiyasari, Yaya S Kusumah, Elah Nurlaelah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif mahasiswa calon guru matematika berkemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal Program Linier materi Metode Grafik yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa semester genap tahun ajaran 2019/2020 Program Studi Pendidikan Matematika FIP UMJ dengan jumlah  6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan tes kemampuan awal matematika (KAM) mahasiswa dipilih masing-masing dua subjek mahasiswa berkemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan berpikir reflektif mahasiswa berkemampuan awal matematika level tinggi, sedang dan rendah menurut kriteria adalah sebagai berikut, subjek dengan KAM tinggi untuk ketiga soal mampu memahami pertanyaan dengan cepat, menjawab soal dengan mengaitkan materi sebelumnya dan melengkapi dengan gambar secara tepat, mampu menjelaskan langkah-langkah dan menyadari kesalahannya, mengetahui sumber kesalahan dan memperbaikinya, memeriksa kembali jawaban dan menyimpulkan dengan benar. Subjek dengan KAM sedang mampu memenuhi semua indikator hanya untuk no. 1 dan 3 saja, untuk nomor 2 hanya mengetahui sumber kesalahan dan tidak memperbaikinya karena bingung dengan gambarnya. Sedangkan subjek dengan KAM rendah, untuk ketiga soal tidak memenuhi indikator berpikir reflektif, subjek tidak mengetahui sumber kesalahan dan salah konsep. Selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu dosen atau guru matematika untuk menemukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa demi mengembangkan kemampuan berpikir reflektif mahasiswa.

Keywords


kemampuan awal matematika, kemampuan berpikir reflektif, program linier, metode grafik

Full Text:

PDF

References


Agustan, S., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. 2017. Reflective thinking in solving an algebra problem: A case study of field independent-prospective teacher. Journal of Physics: Conference Series, 893(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/893/1/012002

Demirel, M., Derman, I., & Karagedik, E. 2015. A study on the relationship between reflective thinking skills towards problem solving and attitudes towards mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197 (February), 2086–2096. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.326

Deringöl, Y. 2019. the Relationship Between Reflective Thinking Skills and Academic Achievement in Mathematics in Fourth-Grade Primary School Students. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 2019(3), 619–628.

Dewey, J. 1998. How we think: A restatement of the Relation of Reflective Thinking to the Educative Process. Boston: Houghton Mifflin. Boston: Houghton Mifflin.

Gurol A. 2011. Determining the Reflective Thinking Skills of Pre-Service Teachers in Learning and Teaching Process Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies. (3), 387–402.

Manurung, S. Y. 2020. Menjadi Guru yang Reflektif Melalui Proses Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. POLYGLOT, 16(1), 58–83.

Nuriadin, I., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. 2015. Enhancing Of Students’ Mathematical Reflective Thinking Ability Through Knowledge Sharing Learning Strategy In Senior High School. International Journal of Education and Research, 3(9), 255–268.

Salido, A., & Dasari, D. 2019. The analysis of students ’ reflective thinking ability viewed by students ’ mathematical ability at senior high school The analysis of students ’ reflective thinking ability viewed by students ’ mathematical ability at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1157(022121). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022121

Schaaf, M. Van Der, Baartman, L., Prins, F., Oosterbaan, A., & Schaap, H. 2013. Scandinavian Journal of Educational Feedback Dialogues That Stimulate Students ’ Reflective Thinking. Scandinavian Journal of Educational Research, 57(3)(November 2011), 227–245. https://doi.org/10.1080/00313831.2011.628693 PLEASE

Suharna, H. 2012. Berpikir Reflektif (Reflective Thinking) Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Masalah Pecahan. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 978–979. Yogyakarta.

Sumarmo Utari. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Raflika Adit




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.67-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ