ANALISIS KETERLIBATAN DAN RESPON MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.175-184Keywords:
keterlibatan, respon, pembelajaran daring, Google ClassroomAbstract
Seluruh negara di dunia termasuk Indonesia terkena dampak virus berbahaya bernama Covid-19. Untuk memberhentikan rantai penyebaran virus ini, pemerintah memberikan kebijakan untuk melakukan aktivitas dari rumah masing-masing. Akibat dari kebijakan ini, mahasiswa haruslah melakukan pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlibatan dan respon mahasiswa dalam pembelajaran daring menggunakan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Mandalika berjumlah sepuluh orang. Adapun proses pengumpulan data melalui dua macam angket yaitu angket keterlibatan dan respon mahasiswa yang diperkuat dengan hasil wawancara, Untuk analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif berdasarkan skor pengisian angket dan hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran daring selama masa Covid-19 cukup baik ditandai dengan partisipasi mahasiswa yang cukup tinggi dalam bertanya, menjawab pertanyaan dosen, mengumpulkan tugas sesuai deadline, aktif dalam forum diskusi antar mahasiswa maupun dengan dosen serta munculnya berbagai sikap positif yang ada pada diri mahasiswa. Pelaksanaan perkuliahan dengan menggunakan Google Classroom mendapat respon yang positif serta keterlibatan penuh dari mahasiswa karena memberikan atmosfer baru dalam perkuliahan mereka, memudahkan mereka dalam mengakses bahan perkuliahan kapan dan di mana saja. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan atas pelaksanaan pembelajaran daring.References
Anhusadar, L. 2020. “Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19”. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), pp. 44-58.
Anim, A. 2020. “Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Tentang Pembelajaran Daring Selama Masa Learn from Home (LFH) Pandemic Covid-19”. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 5(1), pp. 72-80.
Argaheni, N.B.. 2020. “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia”. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), pp. 99-108.
Astuti, P. and Febrian, F., 2019. “Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa”. Jurnal Gantang, 4(2), pp.111-119.
Attard, C., 2012. “Engagement with Mathematics: What Does It Mean and What Does It Look Like?”. Australian Primary Mathematics Classroom, 17(1), pp.9-13.
Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bhat, S., Raju, R., Bikramjit, A., & D'Souza, R. 2018. “Leveraging E-learning through Google classroom: A usability study”. Journal of Engineering Education Transformations, 31(3), pp. 129-135.
Chapman, E. 2003. “Alternative approaches to assessing student engagement rates”. Practical Assessment, 8(13), pp. 1-7.
Dixson, M. D. 2010. “Creating effective student engagement in online courses: What do students find engaging?”. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, pp. 1-13.
Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. 2020. “PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN BELAJAR MAHASISWA”. JURNAL SIGNAL, 8(2), pp. 203-214.
Fatwa, A. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal”. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).
Febrilia, B. R. A., & Patahuddin, S. M. 2019. “Investigasi tingkat keterlibatan matematika siswa melalui analisis rancangan pelaksanaan pembelajaran ELPSA dan implementasinya di kelas”. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), pp. 55-72.
Firman, F. 2020. “Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi”. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), pp. 14-20.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. 2019. “Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro”. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), pp. 225-233.
Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. 2020. “Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19”.
Kanthan, G. 2011. Strengthening student engagement in the classroom. Singapore: National University of Singapore.
Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. 2020. “Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19”. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(1), pp. 47-56.
Mulyono, W. D. 2020. “Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19”. STEAM Engineering, 2(1), pp. 23-30.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).
Pawicara, R., & Conilie, M. 2020. “Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19”. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), pp. 29-38.
Puspitorini, F. 2020. “Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), pp. 99-106.
Riadi, S., Normelani, E. N., Efendi, M., Safitri, I., & Tsabita, G. F. I. 2020. “Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19”. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 2(2), pp. 219-227.
Rusman, A. A., & Nasution, F. 2020. “Deskripsi Kebahagiaan Belajar Mahasiswa BKI Pada Masa Pandemi COVID-19”. AL-IRSYAD, 10(1).
Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”. Biodik, 6(2), pp. 214-224.
Sari, F. N. 2020. “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Menggunakan Media Google Classroom”. PRIMARY Education Journal (Pej), 1(4).
Sinaga, S. E. N. S. 2020. “Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online di STAIN Sultan Abdurrahman Kepri”. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), pp. 137-145.
Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. 2020. “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN UNTUK MATA KULIAH KALKULUS”. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), pp. 41-48.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).