PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TURUNAN FUNGSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.29-36Keywords:
Covid -19, Daring, Flipped Classroom, Peningkatan Hasil Belajar, Turunan Fungsi.Abstract
Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan secara daring, dengan beberapa ketentuan diantaranya berkurangnya jam pelajaran pada setiap mata pelajaran, seperti halnya pembelajaran matematika di satuan pendidikan SMK Negeri 1 Kadipaten yang dilakukan satu pertemuan (45 menit) dalam satu minggu, hal ini berdampak kepada implementasi pembelajaran yang menyebabkan beberapa kegiatan penting dalam pembelajaran tidak terlaksana sebagaimana harusnya, dengan demikian menyebabkan penurunan terhadap penguasaan materi oleh peserta didik, sehingga hasil belajar dari peserta didik masih banyak yang dapat dinyatakan belum tuntas atau belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model flipped classroom pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan materi tafsiran geometri dari turunan fungsi. tipe penelitian merupakan tipe penelitian kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas, adapun prosedur yang digunakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan tafsiran geometri dari turunan fungsi dengan menggunakan model flipped clasroom adapun persentase ketuntasan belajar pada setiap siklusnya yaitu silus I 56%, siklus II 72% dan siklus III 88%.References
Bar, F. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliha Matematika Diskrit Menggunakan Media Edmodo dengan Model Pembelajaran Flipped Clasroom. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. Vol. 1(1) pp: 3-19.
Buasim. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Satuan Jarak dan Kecepatan pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Stratego Peer Lessons Siswa Kelas V SDN Kedungboto Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo . Jurnal Refleksi Pembelajaran. Vol. 4(01) pp: 42-48.
Hayati, R. (2018). Flipped Clasroom dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “Integrasi (pp. 496 - 502). Purwerejo: Universitas Pendidikan Matematika Muhamadiyah Purworejo.
Mubarok, A. (2017). Model Flipped Classroom dal Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding TEP & PDs (pp. 184 - 188). Malang: Transformasi Pendidikan Abad 21.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. Vol. 1(1) pp: 1-3.
Subagia, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajran Flipped Clasroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas X AP 5 SMK Negeri 1 Amalapura Tahun Ajaran 2016/2017. Lampuhyang. Vol. 8(2) pp:14 - 25.
TV, K. (2020, Oktober 13). Kompas TV. Retrieved Oktober 15, 2020, from Kompas TV: https://www.kompas.tv/article/115584/update-corona-13-oktober-340-622-positif-263-296-sembuh-12-027-meninggal
Wahyuni Rosika, U. & H. (2020). Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Model Penemuan Terbimbing Pada Turunan Fungsi Aljabardi Kelas XI SMA Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, Vol. 5(1), pp:9-16.
Wihinda Aprisa, d. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Flipped Clasroom. Jurnal Pendidikan Matematika. 21-27.
Yusuf M, &. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Lingkungan. Proceding Biology, Vol. 14(01) pp: 490-493.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).