PENERAPAN MODEL COLABORATIVE ONLINE LEARNING BERBANTUAN (LEARNING MANAGEMENT SISTEM) TERHADAP BERFIKIR KRITIS MATEMATIS

Tb. Sofwan H Hadi, Waluya SB, Masnia Masnia, J Ari W

Abstract


Era pandemik seperti sekarang ini, dosen dituntut untuk tetap melakukan pembelajaran, akan tetapi tidak diijinkan untuk pembelajaran langsung. Oleh karena supaya pembelajaran tetap terlaksana, maka alternative paling tepat adalah pembelajaran daring. Salah satu alternative yaitu dengan menerapkan Learning Management Sistem untuk keperluan administrasi, dokumentasi, kegiatan belajar mengajar secara online. Dalam pembelajaran daring, hal penting yang harus diperhatika yaitu berpikir kritis, merupakan suatu kemampuan untuk berpikir dengan secara kompleks yang menggunakan proses diantaranya analisis, bertanya serta evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah Melakukan analisis penerapan Learning Management Sistem dalam meninjau proses berpikir kritis kegiatan perkuliahan, Melakukan analisis factor dominan berpikir kritis yang memberikan pengaruh terhadap pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif bertumpu pada masalah yang akan dilakukan pendalaman untuk mencari akar permasalahan atau penyebab masalah terjadi. Hasil dari penelitian yang didapatkan mengenai penerapan Learning Management Sistem untuk melihat proses berpikir kritis matematis cukup efektif, jika dosen menjelaskan materi lebih detail dengan menggunakan tools yang disediakan pada Learning Management Sistem tersebut terutama untuk materi perhitungan dan melakukan diskusi dua arah dengan mahasiswa. Factor yang mendominasi dari penerapan Learning Management Sistem terhadap proses berpikir kritis matematis adalah proses analisis setiap tugas yang dikerjakan oleh mahasiswa secara langsung. Setelah dilakukan analisis kuesioner kemudian dilakukan proses wawancara untuk memperkuat data penelitian tersebut, peneliti memperoleh temuan tentang pembelajaran berbasis Learning Management Sistem pada proses berpikir matematis yaitu penilaian secara langsung oleh dosen kepada mahasiswa.

Keywords


Kemampuaan Berpikir Kritis; Learning Management Sistem; Collaborative Online Learning

Full Text:

PDF

References


Adri, Muhammad. 2006. Strategi Pengembangan Multimedia Instructional Design.

Agustina, M. 2013. Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), (12), 8–12.

Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. 2018. Students acceptance of Google classroom: An exploratory study using PLS-SEM approach. 13(06), 112-123.

Amiroh. 2013. Antara Schoologi, Moddle dan Edmodo. Retrieved.

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 31-42.

Hefzallah, Ibrahim Michael. 2004. The New Educational Technologies and Learning. USA: Charles C. Thomas Publisher, Ltd.

Köse, U. 2010. A blended learning model supported with Web 2.0 technologies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2794–2802.

Mahnegar, F. 2012. Learning Management System. International Journal of Business and Social Science, 3(12), 144-150.

Mutaqin, A. 2016. Model Blended Learning di Program Studi Pendidikan Matematika Untirta. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 134–141.

N Mardiana, A Faqih. 2019. Pemanfaatan Learning Management System Dalam Proses Pembelajaran Matematika Diskrit 8 1.

Purbo W Onno. 2001 TCP/IP Standar, Desain, dan Implementasinya: Cakrawala Pendidikan Universitas Terbuka.

Setiawan, A., Nurlaela, L., & Yundra, E. 2019. Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Vokasi, 52-56.

Sukestiyarno. 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Semarang : Unnes Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.69-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ