PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS PENALARAN MATEMATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Lilis Marina Angraini, Aulia Sthephani, Siti Quratul Ain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, dalam hal ini kemampuan komunikasi matematis, melalui bahan ajar berbasis penalaran matematis. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain yang digunakan adalah pretes-postes. Pelaksanaan penelitian ini di Prodi PGSD terhadap mahasiswa semester I, yang mengikuti mata kuliah Konsep Dasar Matematika di SD pada tahun ajaran 2020/2021. Kelas eksperimen terdiri dari 30 mahasiswa dan kelas kontrol terdiri dari 30 mahasiswa. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan melalui tes, tes disusun dengan mengacu kepada indikator kemampuan komunikasi matematis. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji ANOVA 2 jalur. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa (a) Tidak ditemukan perbedaan dalam hal pencapaian kemampuan komunikasi matematis mahasiswa, yang diajar melalui bahan ajar berbasis penalaran matematis dengan mahasiswa yang diajar melalui pembelajaran konvensional, dilihat secara keseluruhan; (b) Ditemukan perbedaan dalam hal pencapaian kemampuan komunikasi matematis mahasiswa, yang diajar melalui bahan ajar berbasis penalaran matematis dengan mahasiswa yang diajar melalui pembelajaran konvensional, dilihat berdasarkan KAM; (c) Tidak ditemukan interaksi antara pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran, dan kemampuan awal matematis (KAM) dalam hal pencapaian kemampuan komunikasi matematis mahasiswa.


Keywords


Bahan ajar, Komunikasi matematis.

Full Text:

PDF

References


Ardianto dan Q-Anees. (2011). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Asikin, M. & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research 2 (1), 203-2013.

Asuro, N. & Fitri, I. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Concept Siswa SMA/MA. Suska Journal of Mathematics Education 6(1), 33-46.

Amalia, D., Johar, R., & Ikhsan, M. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui ELPSA Framework. JEP 4(1), 42-48.

Diandita, E. R., Johar, R., & Abidin, T. F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Metakognitif Siswa SMP pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika 11(2), 89-97.

Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 3 (2), 94-106.

Hendriana, H. & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 3(1), 153-264.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu 7(1), 9-18.

Haji, S. & Abdullah, M. I. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Infinity 5(1), 42-49.

Muslimahayati. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika (PMRE). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA 5(1), 23-40.

Mandasari, R., Chandra, T. D., & Dwiyana. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah. Jurnal Pendidikan 3(7), 838-850.

Nuraeni, R. & Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Mosharafa 5(2), 101-112.

Niasih, Romlah, S., & Zhanty, L.S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi pada Materi Statistika. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 3(2), 266-277.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2010). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Purba, J., Maimunah, & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA 5(1), 13–21.

Ruseffendi, E.T. (2003). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Ekasakta Lainnya. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Wahyuningrum, E. (2013). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP dengan MEAs. Jurnal Pendidikan 14(1), 1-10.

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika 6(2), 173-184.

Wulandari, A. A., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam pembelajaran relasi rekurensi.Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 54-64.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.11-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ