PENGEMBANGAN POSTER LUAS LINGKARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMPERKENALKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI

Nur Zahwa, Khairida Fahriya Imtinan, Indah Rahmasari, Mursyidah J. Parandrengi, Zulkardi Zulkardi, Meryansumayeka Meryansumayeka

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menjelaskan proses pembuatan salah satu poster yang diikutkan dalam kegiatan Hari Matematika Sedunia atau dikenal juga sebagai Pi Day yang diselenggarakan oleh idm314.org  dan tahun ini mengangkat tema “Mathematics for Better World” dengan Poster Challenge yang menjadi salah satu kegiatannya. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang mengadaptasi model ADDIE dalam implementasinya. Dengan mengangkat konsep luas lingkaran untuk memperkenalkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), poster yang dikembangkan peneliti diberi nama sebagai “Area Self-defense Poster”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh prototype akhir poster yang telah diikutkan ke dalam kegiatan Poster Challenge.


Keywords


Model ADDIE, Hari Matematika, Protokol Kesehatan, Poster

Full Text:

PDF

References


Angko, M. d. 2013. "Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya". Jurnal KWANGSAN. Vol. I (1)

Covid19.go.id. 2020. 3M dan 3T Satu Paket Penanganan COVID-19. [Online] Tersedia: https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/3m-dan-3t-satu-paket-penanganan-covid-19. [15 April 2021]

Meryansumayeka, M. D. 2018. "Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika". Journal Pendidikan Matematika. Vol. 12 (1). pp:29-42.

Nurtanto, M. 2016. "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Servis Sepeda motor Motor Ditinjau Dari Kriteria Pendidikan, Tampilan Program, dan Kualita Teknis". VANOS Journal Of Mechanical Engineering Education. Vol. 1 (1). pp:42-52.

Putri, F. M. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dasar Layanan Jurusan Non Eksak. Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika , Vol. 2 (1).

Raditya, I. N. 2020. Apa Itu 3M untuk Mencegah & Menekan Penularan Virus COVID-19?. [Online] Tersedia: https://tirto.id/apa-itu-3m-untuk-mencegah-menekan-penularan-virus-covid-19-f5tV . [15 April 2021]

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahidah, I. D. 2020. "Pandemik Covid-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan". Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO). Vol. 11 (3). pp: 179-188.

Yunus, N. R. 2020. "Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19". SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. Vol. 7 (3). pp: 227-238.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ